UGJ Membangun Desa melalui Campus Goes to Village

UGJ Membangun Desa melalui Campus Goes to Village

UGJ Membangun Desa melalui Campus Goes to Village.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Universita Gunung Jati (UGJ) Cirebon mengembangkan peran mahasiswa serta memperkuat peran dosen dengan melaksanakan program Campus Goes to Village.

Program Campus Goes to Village merupakan salah satu program UGJ yang didanai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kemendikbudristek. UGJ memperoleh dana hibah ini secara kompetitif. 

BACA JUGA:Warga Kota Cirebon Siap-siap! Tarif PDAM Bakal Naik

Dalam program ini, dosen melakukan riset bersama mahasiswa melalui berbagai program peningkatan kapasitas masyarakat di Desa Ciawigajah Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon.

Cita Dwi Rosita selaku Ketua Pelaksana Program mengungkapkan, Campus Goes to Village sebagai model bentuk kegiatan pembelajaran di luar kampus dalam rangka implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di UGJ.

"Campus Goes to Village memiliki kemanfaatan yang sejalan dengan visi UGJ sebagai perguruan tinggi riset unggulan berbasis kearifan lokal yang memiliki misi mengembangkan potensi mahasiswa baik dalam penguasaan hardskill maupun softskill melalui aktivitas intra dan ekstra kurikuler, serta memiliki jiwa kewirausahaan dan kepemimpinan yang handal," ungkapnya.

BACA JUGA:JSH Berjibaku Klarifikasi Puluhan Hoax Gempa Cianjur

Sejalan dengan spirit kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), menurut Cita, menciptakan kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan UGJ dalam mencapai delapan Indikator Kinerja Utama (IKU).

"Kegiatan riset yang dilakukan oleh dosen bersama mahasiswa dalam program tersebut adalah tentang pembuatan paving blok dengan bahan dasar limbah plastik serta pembuatan tepung yang berbahan dasar ubi," ujarnya.

Dari hasil riset ini, lanjut Cita, disosialisasikan kepada warga Desa Ciawigajah dengan melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan paving blok dan tepung tersebut. 

BACA JUGA:DPRD Kota Cirebon Tingkatkan Target Pendapatan Daerah 2023

"Dengan demikian pada program Campus Goes to Village ini UGJ tidak hanya melaksanakan riset kolaborasi tapi juga sekaligus kegiatan pengabdian kepada masyarakat," pungkasnya. (rdh)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase