Surat Al Kahfi Dianjurkan Dibaca Pada Hari Jumat, Ini Keutamaannya

Surat Al Kahfi Dianjurkan Dibaca Pada Hari Jumat, Ini Keutamaannya

Kumpulan Sunnah Nabi Muhammad SAW yang Bisa Diamalkan di Hari Jumat-download-https://storage.nu.or.id/storage/post/16_9/big/1621552584.jpg

RADARCIREBON.COM - Surat Al Kahfi memiliki arti penghuni goa, hal ini merupakan salah satu surat yang terdapat di dalam kita suci Al-Quran surat ke delapan belas. Al Kahfi diketahui merupakan surat makkiyah yang mempunyai dan memiliki jumlah ayat sebanyak 110 ayat.

Denga membaca surat ini, kita dapat terhindar dari godaan setan. Sedangkan hari Jumat adalah hari yang paling diistimewakan dalam Islam dan banyak keutamaan yang bisa kita lakukan doi hari tersebut. Salah satunya yaitu membaca Surat Al Kahfi. Mengapa demikian?

Banyak yang belum tahu, bahwasanya membaca surah al kahfi pada hari jumat memiliki banyak keutamaan untuk ummat islam. Baik dalam perkara dunia maupun akhirat. Apa saja keutamaan membaca surah al kahfi pada hari jumat? Yuk, kita simak bersama keutamaan-keutamaan tersebut!

BACA JUGA:Tata Cara Sholat Taubat yang Benar Lengkap dengan Bacaan dan Artinya

Surah Al-Kahfi termasuk dalam golongan surah Makiyyah, karena surat ini diturunkan di kota Mekkah. Manfaat membaca surah Al-Kahfi berkaitan erat dengan sabda Rasulullah SAW yang sangat menganjurkannya. Membaca surah  Al-Kahfi di hari Jumat dapat hindarkan umat Islam dari fitnah Dajjal.

Dari Abu Darda’, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surah Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal.” (HR. Muslim)

Berikut ini adalah keutamaan membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat.

1. Terhindari dari fitnah Dajjal
Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Nabi Muhammad SAW bersabda jika seorang manusia rajin membaca surah Al-Kahfi tidak hanya pada hari jumat saja, maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji.

“Siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan mengampuni dosanya antara dua Jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

BACA JUGA:Bacaan Doa Sujud Sahwi dan Tata Cara Sesuai Riwayat Ulama, Insya Allah Salat Kita Diterima

Imam Nawawi menjelaskan bahwa pada awal surah Al-Kahfi terdapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Sebagaimana yang dalam Al-Kahfi ayat 102 berbunyi:

“Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang kafir.”

2. Mendapat ampunan Allah
Setiap manusia pasti memiliki dosa, entah itu banyak atau sedikit. Dari membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, Insha Allah dosa-dosa kita bisa terhapus.

Sesuai yang terkandung dalam HR. Abu Bakr bin Mardawaih, bahwa Rasullulah SAW bersabda; “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.”

BACA JUGA:Wajib Punya! 5 Rekomendasi Game Fighting Android Terbaik di Tahun 2022

3. Pengingat hari kiamat
Surat Al Kahfi ayat 47 menyebutkan datang kiamat suatu hari nanti dan akan memperlihatkan pada manusia nantinya gunung-gunungyang bertebangan. semua manusia akan berkumpul pada Padang Mahsyar dan tidak ada seorang pun yang tersisa.

"Wa yauma nusayyirul-jibaala wa taral-arda barizataw wa hasyarnahum fa lam nugaadir min-hum ahadaa" (QS. Al Kahfi 47)

Artinya:
“Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.”

BACA JUGA:Kota Paling Padat di Jawa Barat, Kota Cirebon Nomor 6, Hampir Sama dengan Depok

4. Diajuhkan dari godaan setan

Sudah menjadi tugas setan untuk menggoda manusia yang lalai dalam menjalani ibadah.Dan setan adalah musuh yang nyata bagi manusia.Dengan membaca surat Al Kahfi, kita bisa terbebas dari godaan setan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: