101 Mahasiswa-Mahasiswi STIKes ADC Diwisuda Hari Ini

101 Mahasiswa-Mahasiswi STIKes ADC Diwisuda Hari Ini

DIWISUDA: STIKes Ahmad Dahlan Cirebon (ADC) menggelar wisuda bagi 101 mahasiswa/mahasiswi di Aston Cirebon Hotel and Convention Center, hari ini (3/12). (Inzet): Para wisudawan dan wisudawati siap mengimplementasikan ilmunya saat kuliah.-JERRELL ZEFANYA T-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -  101 mahasiswa-mahasiswi lulusan Prodi D3 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Ahmad Dahlan Cirebon (ADC) diwisuda di Aston Cirebon Hotel & Convention Center,  hari ini (3/12).

Wisuda yang ke-II pada tahun akademik 2022/2023 itu akan dihadiri Kepala LLDIKTI Wilayah 4 Jabar dan Banten Dr M Samsuri SPd MT, Ketua Majelis Diktilitbang PPM Prof Dr Chairil Anwar MPd, Koordinator BPH Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jabar Ir H Suhada, Ketua PPNI Wilayah Provinsi Jawa Barat Ridwan Setiawan SKp MKes, dan jajaran petinggi Dinas Kesehatan, PDM, hingga Bank BSI Cirebon.

Dalam keterangannya, Ketua STIKes Ahmad Dahlan Cirebon (ADC), Ruswati Ners MKep mengatakan pihaknya atas nama STIKes ADC mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan-wisudawati serta orang tua/wali atas capaian prestasi pendidikan anak-anaknya hingga bisa lulus pada wisuda kali ini.

"Perjalanan tiga tahun ini tidaklah mudah. Kami memulai pembelajaran sejak September 2019 di kampus AKPER Muhammadiyah Cirebon yang kini berganti nama menjadi STIKes ADC. Dan kami bangga melihat anak didik kami telah menyelesaikan 115 SKS dan segala prasyarat lainnya," ujar Ruswati Ners MKep kepada awak media, kemarin (2/12).

BACA JUGA:Kick Off Liga 1 Indonesia Musim 2022-2023 Kembali Bergulir, Direkomendasikan 5 Desember 2022

Lebih lanjut, disampaikan juga para peserta didik telah mengikuti ujian kompetensi nasional Program Kependidikan Keperawatan Periode XXII/2022 dan dipastikan 101 mahasiswa lulus pada 2022 ini. Adapun perolehan IPK rata-rata adalah 3,34 dengan lama studi 3 tahun atau 6 semester.

"Peraih predikat Magna Cumlaude dengan IPK 3,80 diraih oleh ananda Oneita Trieni, sedangkan peraih predikat Cumlaude dengan IPK 3,75 di raih oleh ananda Intan Tiara dan Fadhila Riefa Salsabila," jelasnya.

Sebagai penambah bekal para perawat saat bekerja, pihak kampus juga membekali para calon perawat tersebut dengan kegiatan magang praktik di rumah sakit selama 4 minggu. Termasuk juga memberikan bekal dengan pelatihan Basic Trauma and Life Support (BTNCLS), serta pelatihan woundcare.

"Sehingga selain gelar AMd Kep, mereka juga memiliki hak gelar Certified Wound Care Clinician Associated (CWCC). Selain sesuai dengan visi kami, ini juga telah sesuai dengan UU Keperawatan yang mengizinkan perawat melakukan praktik mandiri keperawatan," terangnya.

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Kapan Dibuka, Menteri Basuki: Januari 2023

Di akhir penyampaiannya, Ruswati Ners MKep juga mengharapkan para mahasiswa-mahasiswi usai pelaksanaan prosesi wisuda, pelantikan, dan pengambilan sumpah bisa terus menunjukan sikap positif dan membuktikan kepada kedua orang tua mereka bisa sukses menjadi perawat.

"Saudara pada hari ini secara legal diakui telah memiliki keahlian bidang keperawatan. Dalam masyarakat anda sudah dianggap menjadi seorang pemimpin. Kami berharap nama baru anda ini benar-benar menggambarkan kompetensi anda pada bidang yang telah anda geluti di STIKes ADC," tegasnya.

"Saya juga ingin berpesan bahwa untuk seterusnya nama STIKes ADC juga tetap melekat dalam kehidupan saudara. Saya percaya bahwa anda akan dapat menjaganya dengan baik," tambahnya.

Sekadar informasi, sampai saat ini STIKes Ahmad Dahlan Cirebon juga telah membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 dengan masa pendaftaran sampai dengan September 2023. Penerimaan mahasiswa baru itu terbuka bagi program studi D3 Keperawatan dan S1 Administrasi Rumah Sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: