Sejarah Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang Dilakukan Setiap 3 Desember

Sejarah Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang Dilakukan Setiap 3 Desember

Penyandang disabilitas Kota Cirebon mendapatkan bantuan kendaraan roda 3 untuk modal usaha dari Kementrian Sosial.-ABDULLAH/RADAR CIREBON-

RADARCIREBON.COM - Setiap tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional atau International Day of People with Disabilities.

Tujuan dari memperingati Hari Disabilitas Internasional adalah sebagai bentuk dukungan dan melindungi para penyandang disabilitas di seluruh dunia.

BACA JUGA:Garut Diguncang Gempa M 6.1, BNPB: 4 Rumah Rusak dan 1 Warga Luka Ringan

Pada tahun 2022, Hari Disabilitas Internasional 2022 mengangkat tema 'Transformative solutions for inclusive development: the role of innovation in fuelling an accessible and equitable world'.

Yakni, sebuah tema yang fokus pada penegakan hak asasi manusia, pembangunan berkelanjutan, serta perdamaian dan keamanan bagi penyandang disabilitas.

BACA JUGA:Peringati Hari Sukarelawan Internasional, Kawan Lama Group Gelar Donor Darah

Peringatan Hari Disabilitas Internasional ini juga sebagai komitmen untuk mewujudkan hak dan keadilan bagi penyandang disabilitas di seluruh dunia.

Sejarah Hari Disabilitas Internasional

Pada tahun 1992, pertama kalinya dicetuskan Hari Disabilitas Internasional melalui Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

BACA JUGA:Daihatsu Tantang Para Modifikator Otomotif dari Indonesia dan Malaysia

Peringatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah yang dihadapi penyandang disabilitas dalam setiap aspek kehidupan baik politik, sosial, ekonomi dan budaya di semua negara di dunia.

Konvensi Hak Penyandang Disabilitas atau Convention on the Rights of Persons with Disabilities (CRPD) diadopsi pada 2006.

BACA JUGA:BMKG Meralat Kekuatan Gempa Bumi di Garut, Bukan 6.4 Tapi 6.1 Magnitudo

Tujuan utama CRDP adalah meningkatkan partisipasi penyandang disabilitas dalam masyarakat, mengakhiri diskriminasi, dan menciptakan kesempatan yang sama untuk mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase