Gunung Semeru Erupsi 4 Desember 2022, Warga Mengungsi ke Tempat Aman

Gunung Semeru Erupsi 4 Desember 2022, Warga Mengungsi ke Tempat Aman

Gunung Semeru Erupsi Minggu, 4, Desember 2022.-Ist/Tangkapan Layar-radarcirebon.com

LUMAJANG, RADARCIREBON.COM - Gunung Semeru kembali erupsi, Minggu, 4, Desember 2022 atau tepat setelah letusan pada tahun lalu yang juga terjadi di tanggal 4, Desember.

Erupsi Gunung Semeru pada 4, Desember 2022 menyebabkan warga mulai menuju ke tempat aman, karena adanya guguran awan panas dan lahar dingin.

Pada erupsi Gunung Semeru kali ini, lontaran awan panas mencapai 5 hingga 7 kilometer.

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat agar menjaga jarak aman sekitar 15 kilometer dari puncak.

BACA JUGA:Alhamdulillah, 17 WNI Berhasil Diselamatkan dari Pembajakan Kapal Tanker B-Ocean di Pantai Gading, Segera Dipu

BACA JUGA:Ada Restoran di Kota Cirebon Sediakan Menu Daging Anjing, Dilaporkan Sahabat Hewan ke DPRD

Masyarakat juga diimbau menjauhi area sekitar 5 kilometer dari puncak, karena rawan dengan lontaran batu pijar. Adapun erupsi kali ini terjadi sejak pukul 02.46 WIB, Minggu dini hari, 4, Desember 2022.

Kejadian erupsi Gunung Semeru, disertai dengan kolom abu dengan ketinggian 1.500 meter di atas puncak kurang lebih 5.176 meter di atas permukaan laut.

Pemerintah telah mengeluarkan imbauan kewaspadaan, masyarakat dilarang beraktivitas dengan jarak 13 kilometer dari puncak.

Kemudian mewaspadai guguran awan panas dan batu pijar, terutama di aliran sungai yang melintas.

BACA JUGA:Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Mau Nikah, Polri Sibuk Siapkan Pengamanan

BACA JUGA:Siap-siap Belanda, Argentina Melangkah ke Perempat Final Piala Dunia 2022 usai Kalahkan Australia

Pada letusan kali ini, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan.

Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik. Sampai saat ini awan panas guguran masih berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: