Punya Banyak Keutamaan! Berikut Ini Bacaan Istighfar Lengkap Dengan Artinya

Punya Banyak Keutamaan! Berikut Ini Bacaan Istighfar Lengkap Dengan Artinya

Punya Banyak Keutamaan! Berikut Ini Bacaan Istighfar Lengkap Dengan Artinya-capture-iNews

RADARCIREBON.COM – Sebagai seorang manusia sudah pasti kita memiliki dosa yang. Baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Sudah seharusnya kita sering mengucapkan istighfar agar Allah SWT bisa menghapus dosa kita.

Dengan mengucapkan istighfar, itu artinya kita merendahkan diri kita dihadapan Allah SWT dan beriman atas hari pembalasan.

Bacaan istighfar ini akan menyelamatkan kita dari dosa merasa suci dan juga ma’asum bagai Nabi. Karena bahkan Nabi Muhammad SAW ataupun Nabi Ibrahim AS yang dijamin terjaga dari doa, mereka tetap berdoa memohon ampunan kepada Allah.

BACA JUGA:Cara Menghitung Waktu Peringatan Kematian atau Tahlilan, 7 Hari 40 Hari sampai 1000 Hari

Keutamaan Beirstighfar

Jadi, kita yang manusia biasa dan penuh dengan dosa ini masih jarang beristighfar? Padahal banyak keutamaan yang terkandung dalam amalan ini, seperti berikut.

1. Mendapatkanampunan Allah SWT

Sama seperti artinya, istighfar merupakan doa meminta ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang sudah diperbuat. Hal tersebut harus dilakukan dengan bersungguh-sungguh supaya memperoleh keutamaan istighfar tersebut. Di dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

Yang artinya: “Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS An-Nisa: 110)

2. Mendapatkanrahmat Allah SWT

Dalam Al-Qur’an Allah berfirman yang artinya:

“Dia (Shalih) berkata: ‘Hai kaumku, mengapa kalian meminta disegerakan suatu keburukan sebelum kebaikan? Mengapakah kalian tidak memohon ampun kepada Allah supaya kalian mendapatkan rahmat.” (QS An-Naml: 46)

BACA JUGA:Agar Mendapat Rezeki yang Berlimpah, Baca Doa Setelah Setelah Sholat Dhuha Berikut

3. Memperoleh kebahagiaan

Istighfar juga dapat memberikan kita kebahagiaan, seperti yang tertulis dalam dalil berikut ini.

“Barangsiapa yang ingin catatan amalnya menyenangkannya, maka perbanyaklah istighfar.” (HR. Baihaqi)

4. Mendapatkan keberkahan

Dalam Al-Qur’an Allah juga memberikan keberkahan bagi makhluk-Nya yang beristighfar pada-Nya. Hal tersebut sebagaimana yang telah dirasakan oleh Nabi Nuh AS ketika mengajarkan kepada para umatnya.

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat.” (QS Nuh: 10-11)

BACA JUGA:Bacaan Doa Qunut Pendek dan Panjang Lengkap Dengan Artinya

5. Membuka pintu rezeki

Selain rasa syukur, istighfar juga dikenal dapat membuka pintu rezeki. Oleh karena itu mudah saja bagi Allah SWT untuk memberikan rezeki pada siapa saja yang mau beristighfar.

Artinya: “Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS Nuh: 12)

Bacaan Istighfar dan Artinya

Setelah kita tahu apa saja keutamaan dari membaca istighfar, maka kita perlu mengetahui macam-macam bacaan istighfar yang sudah dilansir dari berbagai sumber.

1. Versi Pendek

“Astaghfirullah”

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah“

BACA JUGA:Bacaan Sholawat Jibril Lengkap dan Fadhilahnya Soal Rezeki, Amalkan dan Buktikan Sendiri

2. Istighfar Nabi sebelum wafat

“Subhanallahi wabihamdih, astaghfirullaha wa atuubuilaih”

Artinya: “Mahasuci Allah dansegalapujibagi-Nya. Akumemohonampunkepada Allah danbertaubatkepada-Nya”

3. Peleburdosa

“Astaghfirullah, alladzi la ilahailla hu wal hayyul qayyumu wa atuubuilaih”

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah, zat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri sendiri. Dan aku Bertaubat kepada-Nya.”

BACA JUGA:Bacaan Surat An- Nashr dalam Alquran dan Fadhilahnya yang Luar Biasa, Mudah Dihafal

4. Istighfar sebelum salam dalam sholat

“Allahum ma inni dhalam tu nafsi dhul man katsira, wal ayaghfirudzdzunubilla anta, faghfirluu maghfiratan min indik, warham niiinnaka antal ghafururrahiim”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku telah zalim kepada diriku dengan kezaliman yang banyak dan tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau. Ampunilah aku dengan ampunan dari-Mu dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Doa Sayyidul Istighfar

“Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ ‘abduka, wa anâ ‘alâ ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘ûdzu bika min syarri mâ shana‘tu. Abû’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abû’u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta.”

Artinya: “Ya Allah, Engkau lah pemeliharaku. Tiada sesembahan kecuali Engkau. Engkau ciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Dan aku berada pada kesepakatan dan perjanjian dengan-Mu, semampu-Ku. Aku berlindung kepada Engkau dari keburukan yang aku perbuat. Aku bertaubat   kepada-Mu dengan Karunia-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu dengan dosa-Ku. Maka, ampunilah aku karena tiada yang mampu mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Itulah tadi beberapa bacaan istighfar lengkap dengan artinya dan keutamaannya yang bisa kalian rasakan setelah membacanya dengan bersungguh-sungguh dan rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: