Begini Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android, Ternyata Mudah

Begini Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android, Ternyata Mudah

Ternyata Mudah! Begini Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android-capture-Qoala

RADARCIREBON.COM - Terkadang kita tak sengaja menghapus file penting di android dan itu membuat dilema. Bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di android? Berikut ini tipsnya.

Hp adalah sarana yang menyediakan berbagai fitur canggih di dalamnya, dalam bentuk kotak yang mudah untuk digenggam kalian dapat menyimpan, mengolah, dan mengirim data ataupun file dengan batasan tertentu.

Pengguna juga dapat menghapus file yang tak terpakai, tapi apa jadinya bila file penting yang tak sengaja terhapus?

File yang terhapus bisa dikembalikan kembali ke menu Hp kalian. Penasaran bagaimana caranya? Berikut in cara mengembalikan file yang terhapus di android.

BACA JUGA:Cara Menambah RAM Laptop, Wajib Disimak Supaya Peforma Makin Gahar

1. Cara mengembalkan file yang terhapus di android tanpa aplikasi

Setiap android memiliki fitur folder trash yang berguna untuk menyimpan file yang kalian hapus dalam jangka waktu tertentu. Apa itu fitur folder trash?

Sekarang, smeua andorid 11 telah memiliki fitur yang mirip dengan Recycle Bin. Namun trash di android tidak akan memiliki folder khusus seperti di Windows, melainkan tersembunyi melalui aplikasi file manager.

Berkas yang tersimpan di folder akan tersimpan selama tujuh atau 30 hari, sebelum akhirnya benar-benar dihapus secara permanen. Berkas yang sudah dibuang dan masuk ke fitur trash akan tersembunyi dari perangkat. Kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka folder galeri Hp
  • PIlih menu lainnya atau ikon garis tiga(biasanya terletak di pojok, tapi setiap Hp berbeda-beda)
  • Klik menu "Trash" atau ikon gambar tempat sampah
  • Pilih restore untuk mengembalikan fil video atau video yang telah dipilih ke galeri Hp

BACA JUGA:Cara Mengaktifkan Wifi Laptop dengan Benar, Ternyata Begini, Kalian Bisa Coba

Atau bisa juga menggunakan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu "Files"
  • Buka sub menu "Clean" atau "Pembersihan"
  • Klik menu "Trash" atau "Sampah"
  • Pilih file yang ingin dikembalikan
  • Klik restore
  • File sudah kembali

2. Cara mengembalikan file yang terhapus di android melalui aplikasi

Dengan bantuan aplikasi, kalian bisa mengembalikan file yang terhapus dan me-restore-nya kembali ke file kalian. Ada banyak aplikasi yang bisa mengembalikan file yang terhapus, berikut ini 5 aplikasi yang dapat mengembalikan file yang terhapus di android.

BACA JUGA:Cara Membersihkan Keyboard Laptop, Simak Dulu Sebelum Bermasalah dan Macet

Dig Deep Image Recovery

Aplikasi ini memang ditujukan untuk mengembalikan data berupa foto. Sehingga kamu bisa melakukan pemulihan foto yang tadinya terhapus. Untuk menggunakannya sangat mudah.

Setelah terinstal, kamu lakukan pemindaian pada folder. Selanjutnya aplikasi ini akan menampilkan beberapa foto yang sempat terhapus untuk dipulihkan.

Dumpster: Photo/Video Recovery


Sama halnya seperti Recycle Bin pada PC dan laptop, aplikasi ini juga ditunjukan untuk mengembalikan data yang pernah terhapus pada android.

BACA JUGA:Mau Beli Hp Baru? Berikut Rekomendasi Hp 2 Jutaan 2022

Recovery Deleted Photos


Dengan aplikasi ini, kalian dapat mengembalikan file yang terhapus dengan melakukan scanning terhadap folder di mana di dalam folder tersebut terdapat foto yang telah terhapus.

Undeleter Recover Files & Data

Aplikasi ini dapat mengembalikan file yang terhapus atau dihapus, baik dari memoi perangkat atupun memori tambahan. Aplikasi ini dapat mengembalikan jenis data berupa foto, video, lagu, dan sebagainya.

Disk Digger

Dari aplikasi ini, kalian bisa merestorerasi data yang telah terhapus. Kalian tidak perlu melakukan proses rooting saat menggunakan aplikasi ii, meski hasil scanning-nya tetap akan lebih bagus jika kalian melakukan prses rootin terlebih dahulu.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Serial Netflix yang Akan Menemani Akhir Tahun kalian

3. Cara mengembalikan data game di android

Sebagai bonus, ada juga tips untuk kalian yang panik karena data game di androidnya terhapus. Bagi beberapa orang, hal ini wajib diketahui. Apalagi kalian sudah memiliki progres game yang sudah jauh. Kalian tetap bisa melanjutkan permainan terakhir yang dimainkan dengan tenang.

Sebab, game Android sekarang sudah terhubung dengan media sosial atau akun Google Play Games. Jika Kalian menghubungkannya, tentu saja sistem game akan menyimpan semua progress di cloud.

Kalian hanya perlu meng-install kembali game tersebut, hubungkan ke akun media sosial atau Google Play Games, dan otomatis file game kalian pun kembali lagi dengan aman.

Itulah tadi beberapa tips perihal cara mengembalikan file yang terhapus di Android, selamat mencoba ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: