DPRD Kota Cirebon Apresiasi Pemda karena Percepat Dokuman RKPD

DPRD Kota Cirebon Apresiasi Pemda karena Percepat Dokuman RKPD

--

CIREBON, RADARCIREBON.COM – DPRD Kota Cirebon mengapresiasi Pemerintah Daerah Kota Cirebon mempercepat penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2024-2026.

Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M Handarujati Kalamullah SSos mengatakan, RPD merupakan proyeksi program pembangunan pemerintahan sebagai dasar penyusunan rencana program jangka menengah daerah (RPJMD) ke depan.

Menurutnya, ketika RPD ini bisa dirampungkan lebih cepat, maka penyusunan RPJMD Kota Cirebon akan lebih fokus dan matang.

“Harapan kami, RPD ini bisa segera disampaikan ke DPRD agar menjadi payung hukum bagi Pemerintah Kota Cirebon menjalankan program pembangunan 2024-2026."

"Mengingat periode Walikota dan Wakil Walikota, Pak Azis dan Ibu Eti akan selesai pada Desember 2023,” ujar pria akrab disapa Andru usai mengikuti Konsultasi Publik RPD di Hotel Prima, Kota Cirebon, Rabu (30/11/2022).

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan, salah satu program prioritas yang perlu diintervensi Pemerintah Kota Cirebon dalam RPD 2024-2026 ini adalah penanggulangan kemiskinan.

Menurutnya, pascapandemi Covid-19 ini berimbas pada meningkatnya angka kemiskinan.

Kendati demikian, Andru bersyukur jumlah kemiskinan ekstrem di Kota Cirebon sudah 0,68 persen. Angka tersebut sangat jauh dari rata-rata nasional tingkat kemiskinan ekstrem sebesar 2,04 persen atau 5,59 juta jiwa per Maret 2022.

“Kami sudah melakukan recovery pascapandemi Covid-19, namun memang terjadi peningkatan angka kemiskinan di Kota Cirebon,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: