Perintah Allah untuk Memerangi Orang Tak Beriman, Ini Tafsiran Sebenarnya dari QS 9 ayat 29

Perintah Allah untuk Memerangi Orang Tak Beriman, Ini Tafsiran Sebenarnya dari QS 9 ayat 29

Pelaku Bom Bunuh Diri di Kota Bandung Tinggalkan Pesan: QS 9 Ayat 29, Apa Artinya?-capture-radarcirebon

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Tengah viral seorang pria yang melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar. Dalam aksinya pelaku memberikan pesan yang tertempel pada motornya dan menuliskan QS 9 ayat 29.

Pesan lengkap yang ditulis pelaku pada kertas yang tertempel pada motornya itu bertuliskan KUHP = HUKUM SYIRIK?KAFIR PERANGI PARA PENEGAK HUKUM SETAN QS 9:29.

Dalam pesan bagian terakhirnya tertera firman Allah SWT di surat At-Taubah ayat 29. Agar tidak salah kaprah dengan firman Allah dan berakhir sama dengan pelaku ini, mari kita simak tafsiran ayat ini.

Konteks yang dibicarakan dalam Surat At-Taubah mengarah pada momen ketika Ahlul Kitab (bangsa Romawi) hendak menyerbu kaum Muslimin. Maka Nabi menyeru kepada sahabatnya untuk mempersiapkan diri dengan peperangan tersebut.

Seperti yang tertulis dalam surat At-Taubah nama perang ini adalah Perang Tabuk.

BACA JUGA:Berikut Amalan Pelunas Hutang Syekh Ali Jaber, Insya Allah Terkabul

Ayat 29

Pada hakikatnya, ayat ini merupakan langkah awal agar Nabi Muhammad SAW mengalihkan perhatiannya kepada Perang Tabuk yang akan dihadapinya. Perang Tabuk merupakan perang yang terakhir yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw, sesudah kaum Muslimin dapat menguasai kota Mekah.

Tabuk terletak di sebelah utara Medinah, berbatasan dengan Yordania/Syam (Damaskus) yang ketika itu dikuasai oleh kerajaan Romawi yang beragama Nasrani.

Ketika berita sampai kepada Nabi Muhammad saw, bahwa pihak Romawi mempersiapkan pasukan dalam jumlah yang besar untuk menguasai daerah perbatasan tersebut, maka Nabi Muhammad saw, mengumumkan kepada seluruh kaum Muslimin melalui kabilah-kabilah agar bersiap-siap mengumpulkan segala kekuatan untuk turut bersama Nabi memerangi pasukan Romawi.

Seruan Nabi Muhammad tersebut segera mendapat sambutan dari kaum Muslimin yang kuat imannya, kecuali kaum munafik yang mencari helah sebagaimana telah menjadi kebiasaan mereka terutama dalam menghadapi Tabuk, di samping jaraknya sangat jauh juga panas matahari sangat terik.

BACA JUGA:Makna Sesungguhnya QS 9 Ayat 29, Pesan yang Ditinggalkan Pelaku Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

Setelah nabi dan pasukannya tiba di Tabuk, didapati pasukan Romawi yang telah mundur dan mengosongkan wilayah tersebut. Maka ahli kitab di sana menawarkan perjanjian damai dan menyerahkan jizyah kenapa nabi Muhammad sebagai tanda tunduknya mereka pada kekuasaan Islam.

Pada ayat ini Allah memerintahkan kaum Muslimin agar memerangi Ahli Kitab, karena mereka memiliki empat unsur yang menyebabkan mereka memusuhi Islam. Empat unsur itu ialah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: