5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam, Simak Tips Berikut Ini

5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam, Simak Tips Berikut Ini

Tak Perlu Menggunakan Kunci, 5 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam-capture-Carsome

RADARCIREBON.COM - Terkadang ada saja masalah yang datang tanpa kita duga, bagi kalian pemilik mobil pasti pernah merasakan pintu mobilnya terkunci. Berikut cara membuka pintu mobil yang terkunci.

Kalian pasti kebingungan bila pintu mobil kalian terkunci, apalagi kunci mobilnya terdapat di dalam mobil. Jangan panik terlebih dahulu, karena ada cara lain untuk membuka pintu mobil yang terkunci tanpa menggunakan kuncinya.

Kemungkinan Penyebab Pintu Mobil Terkunci

Sebelum kalian tahu bagaimana cara membuka pintu mobil yang terkunci, kalian perlu mengetahui alasan pintu mobil kalian terkunci, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, diantar lain adalah sebagai berikut.

BACA JUGA:Peningkatan Penjualan Dicatat Hyundai Motors Indonesia, Didominasi CRETA dan STARGAZER

1. Kotoran menumpuk pada handle mobil

Kotoran yang menumpuk pada handle pintu mobil akan membuat handle pintu menjadi seret. Kondisi ini diperparah apabila kotoran itu terkena udara dan menyebabkan handle pintu berkarat. Maka dari itu, pintu mobil menjadi sulit terbuka.

2. Motor penggerak berkarat

Selain kotoran, penyebab pintu mobil terkunci bisa jadi karena motor penggeraknya berkarat. Motor penggerak bisa berkarat akibat kurang perawatan atau jika sudah mencapai usia pakai. Hal ini membuat tenaga yang digunakan akan menjadi lebih besar daripada saat penutup, sehingga pintu mobil sulit dibuka.

3. Pintu penyok

Penyebab lainnya adalah kemungkinan pintu mobil kamu penyok atau pernah terbentur cukup keras sehingga membuat komponen pintu berubah posisi. Komponen yang rawan berpindah posisi adalah handle pintu atau gigi penggerak.

BACA JUGA:Motor Listrik Yamaha E01 Siap Ramaikan Jalanan Ibu Kota Jakarta

4. Terkunci karena ketidaksengajaan

Terkadang kelalaian kita sebagai pengemudi juga menjadi penyebab pintu mobil terkunci dari dalam. Misalnya tidak sengaja meninggalkan kunci di dalam, tetapi mengunci seluruh pintu mobil.

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Ada lima cara yang dapat kalian coba untuk dijadikan cara membuka pintu mobil yang terkunci. Cara-cara ini bisa kalian lakukan dengan bantuan beberapa alat sederhana. Berikut ini 5 cara membuka pintu mobil yang terkunci yang telah dilansir dari beberapa sumber.

1. Menggunakan penggaris

Penggaris menjadi salah satu alat yang mudah ditemukan, salah satu dari ATK atau Alat Tulis Kerja ini ternyata dapat dijadikan alat bantu untuk membuka pintu mobil kalian yang terkunci.

Tapi perlu diingat bahwa penggaris yang digunakan di sini adalah penggaris besi, bukan penggaris plastik yang akan mudah patah bisa digunakan nanti.

BACA JUGA:Daihatsu Tantang Para Modifikator Otomotif dari Indonesia dan Malaysia

Cara membuka pintu mobil yang terkunci dengan penggaris adalah menyelipkan penggaris ke celah antara jendela dan karet pada kaca mobil. Perlu diketahui bahwa karet pada kaca mobil mudah untuk dilepas pasang. Jadi, tidak perlu khawatir karet bakal rusak.

Langkah pertama adalah dengan memasukkan penggaris ke dalam celah kaca pintu mobil, sekitar 60 cm sampai 80 cm. Kemudian, cari di bagian handle pintu untuk menemukan bagian yang kalau ditekan penggaris bakal naik turun elastis seperti pegas.

Kalau sudah menemukannya, tekan bagian itu sambil menarik pegangan pintu. Kalian bisa mengulangi langkah itu kalau belum berhasil.

BACA JUGA:Motor Yamaha Boyong 6 Award di Ajang Penghargaan Bergengsi

2. Tangkai besi

Tangkai besi dengan ukuran yang panjang bisa dijadikan alat bantu lainnya untuk kalian membuka pintu mobil yang terkunci. Tangkai besi ini dapat digunakan untuk mendorong tombol kunci pada pintu mobil otomatis.

Caranya sama seperti menggunakan penggaris, yaitu memasukkan tangkai besi ke celah bagian atas pintu pada bagian karetnya.

Kita bisa membuka sedikit celah pada bagian atas pintu kemudian memasukkan besi. Kemudian, ganjal menggunakan benda apa saja, lalu masukkan tongkat untuk menekan tombol kunci.

3. Bola tenis

Kalian mungkin berpikir-pikir bagaimana bola tenis dapat membuka pintu mobil yang terkunci, dengan memecahkan kaca mobil? Memang terdengar cukup aneh, tapi nyatanya barang ini juga bisa digunakan menjadi cara membuka pintu mobil yang terkunci.

BACA JUGA:Mitsubishi Triton Buktikan Daya Tahan di Ajang AXCR 2022, Bawa Dua Pembalap Podium

Pertama kalian perlu melubangi bola tenis tersebut terlebih dahulu menggunakan obeng atau benda lain. Tidak perlu melubangi terlalu lebar, tetapi pastikan lubangnya cukup dalam.

Kemudian, arahkan bagian yang telah berlubang tepat di depan lubang kunci pada pintu mobil. Selanjutnya, tekan bola tenis dengan menggunakan tangan hingga gepeng. Udara dari bola tenis diharapkan mampu menekan lubang kunci sampai terbuka.

4. Gantungan tali

Cara ini termasuk mudah karena tali bisa ditemukan di manapun, contohnya seperti tali sepatu. Selain mudah ditemukan, tali sepatu juga cukup kuat untuk dijadikan alat bantu membuks pintu mobil yang terkunci.

Kalian bisa memasukan tali ke dalam celah kecil di pinggir pintu, terus geser hingga mencapai dalam mobil. Kemudian, cobalah melekatkan simpul ke kunci mobil dan tarik perlahan. Jangan menariknya terlalu cepat karena bisa membuat tuas pintu mobil rusak.

BACA JUGA:Seri ke-2 SHELL bLU cRU Yamaha Enduro Challenge Siap Digelar Kembali di Jungle Land Sentul 26-27 November 2022

5. Menggunakan obeng

Cara terakhir ini bisa dibilang yang paling masuk akal karena obengsdalah perkakas yang biasa digunakan dalam otomotif. Tapi kalian perlu berhati-hati bila menggunakan alat ini untuk membuka pintu mobil yang terkunci karena bisa merusak interior ataupun exterior mobil kalian.

Langkahnya adalah dengan membuat ruang dengan obeng, kemudian masukan pencungkil. Kalian bisa menggunakan alat alat di atas untuk dijadikan pencungkil untuk menarik kunci dari dalam.

Itulah tadi beberapa kemungkinan penyebab pintu mobil kalian terkunci, beserta dengan 5 cara membuka pintu mobil yang terkunci, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menghindari kejadian setiap kedepannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: