5 Macam Olahraga Cardio, Jenis Latihan untuk memperkuat Jantung dan Paru-Paru

5 Macam Olahraga Cardio, Jenis Latihan untuk memperkuat Jantung dan Paru-Paru

Aktivitas rutin seperti olahraga bisa meningkatkan kesehatan otak-capture-Verywell Fit

RADARCIREBON.COM – Cardio atau olahraga aerobic adalah jenis olahraga yang bertujuan unutk menigkatkan kualitas kesehatan paru-paru dan jantung. 

Selain mampu memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, cardio juga beranfaat memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan.

Selain itu, cardio juga dapat menurunkan tingkat stres, jenis olahraga ini memiliki manfaat membuat tubuh rileks dan tenang.

Hal ini karena produksi hormon endorfin dalam tubuh ketika berolahraga yang dapat mengurangi stres kalian dan juga menaikan mood kalian.

Dan untuk kalian yang memiliki masalah tidur, cardio bisa menjadi solusi untuk kalian. Menurut sebuah penelitian, melakukan olahraga kardio secara rutin dipercaya mampu membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat kalian tidur lebih lelap.

BACA JUGA:Cara Menghikangkan Panu Dengan Ampuh, Dijamin Bersih Dan Kinclong

Akan tetapi, sebaiknya hindari melakukan olahraga kardio berdekatan dengan waktu tidur, hal ini hanya akan membuat kalian kesulitan untuk tidur.

Tapi perlu diperhatikan untuk tidak menggangu kualitas tidur, batasi waktu olahraga cardio 2 jam sebelum tidur.

Macam macam Cardio

Mungkin kalian sudah tahu jenis cardio yang sederhana seperti jogging atau lari. Tapi sesekali kalian bisa melakukan ragam cardio supaya kesehatan jantung dan paru-paru kalian semakin meningkat.

1. Berenang

Aktivitas ini punya beragam manfaat yang tak terhitung jumlahnya, termasuk sebagai latihan pernapasan untuk mengoptimalkan kapasitas dan kinerja paru-paru, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, hingga memperbaiki kepadatan tulang pada orang dewasa.

BACA JUGA:Ingin Wajah Glowing? Ini Manfaat dan Cara Membuat Masker Beras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: