SMPN 2 Gempol Lestarikan Sodoran Sebagai Permainan Tradisional

SMPN 2 Gempol Lestarikan Sodoran Sebagai Permainan Tradisional

Pekan Kreativitas Siswa ini berlangsung dengan meriah disambut baik oleh masyarakat sekitar dan alumni SMPN 2 Gempol yang turut hadir menyaksikan siswa yang sedang melangsungkan perlombaan.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dolanan atau Permainan Sodoran, menjadi ajang pelestarian permainan tradisional dalam Pekan Kreativitas Siswa SMPN 2 Gempol, Selasa pagi, di SMPN 2 Gempol Kabupaten Cirebon.

PKS atau Pekan Kreativitas Siswa merupakan suatu pekan atau lomba yang dilaksanakan disetiap sekolah, pasca pelakasaan ujian semester yang dilaksanakan dua kali dalam setahunnya.

Pekan Kreativitas Siswa ini, tidak lain untuk mengisi kekosongan kegiatan siswa setelah melaksanakan ujian semester dalam sekolah, agar terus dinamis produktif dan tetap fokus melakukan kegiatan positif.

BACA JUGA:Gempa 5.2 Magnitudo Guncang Karangasem Bali, BMKG Himbau Begini

"Pekan Kreativitas Siswa ini salah satunya untuk menampilkan bakat diantaranya seperti lomba futsal, voli, tarik tambang dan sodoran," kata Saepudin Juhri atau Uje sapaan akrabnya, sebagai Wakasek Kesiswaan.

Hal menarik dalam Pekan Kreativitas Siswa di SMPN 2 Gempol ini adalah dengan menampilkan permainan Tradisional yang hampir tidak ada yaitu Sodoran, yang sudah jarang sekali ditemukan dalam masyarakat umum.

BACA JUGA:Inflasi Kota Cirebon, Sekda: Masih Aman

Menurut Uje, permainan sodoran ini harus dilestarikan. Jangan melupakan yang lama dan perlu mengenang bahwa permainan sodoran itu olahraga rakyat. 

Permainan ini adalah permainan orang desa yang tidak bermodal, tidak mengeluarkan biaya tetapi sehat. 

BACA JUGA:Amankan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Polri Gelar Operasi Lilin

Intinya untuk mengolahragakan masyarakat, apapun itu bentuk dan jenisnya. Apakah itu sodoran atau lenjangan dan permainan tradisional lainnya. 

"Kami akan terus melestarikan permainan tradisional, dimana masyarakat sekitar kita atau lingkungan sekitar sekolah juga selalu memainkan dan mengenang permainan-permainan zaman dahulu seperti glondrong crek, lenjangan dan kasti. Dan akan kami lombakan dalam setiap kesempatan yang ada untuk selalu mengenang," ucap Uje.

BACA JUGA:Melanggar Hal Cipta Siaran Piala Dunia, Departemen Kehakiman AS Blokir 55 Website

Kemas M Saleh, selaku Kepala Sekolah SMPN 2 Gempol mengatakan, Pekan Kretivitas Siswa ini memberikan edukasi kepada Siswa untuk memanfaatkan waktu yang ada agar produktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase