Banyak Sejarah, Gedung BAT Tempat yang Wajib Dikunjungi di Cirebon

Banyak Sejarah, Gedung BAT Tempat yang Wajib Dikunjungi di Cirebon

Merupakan Peninggalan Zaman Kolonial, Gedung BAT Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi di Cirebon-Capture-Berbagai Sumber

RADARCIREBON.COM- Masyarakat Cirebon dan sekitarnya pasti mengenal bangunan ini. Ya, Gedung BAT, itulah nama yang dikenal masyarakat Cirebon hingga saat ini.

Gedung yang merupakan Peninggalan Zaman Kolonial tersebut, masih berdiri kokoh hingga saat ini dan menjadi tempat yang wajib anda kunjungi di Cirebon.

Gedung yang terletak di jalan Pasuketan tersebut berdekatan dengan dua mall besar yaitu Ramayana dan Hero.

Selain berdekatan dengan mall, gedung tersebut sering dijadikan tempat nongkrong anak sekolahan karena dekat dengan SMPN 14 Kota Cirebon.

Namun apakah kalian tahu sejarah bangunan ini? Jika tidak tahu, yuk, mari simak sejarah dari Gedung BAT ini.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Leo Hari Ini 14 Desember 2022, Wajib Waspada dengan Hal Ini

Sejarah Gedung BAT Kota Cirebon

Dikutip dari situs Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Cirebon, Gedung BAT, yang kini menjadi salah satu ikon Kota Cirebon, dulunya merupakan industri pabrik rokok terkenal.

Gedung tersebut mulanya dimiliki oleh Indo Egyptian Cigarettes Company. Kemudian, pada 1923, perseroan tersebut bergabung dan dimiliki oleh British American Tobacco Company(BAT) yang berkantor di London, Inggris.

Pada 1924, perseroan merenovasi gedung tersebut. Arsitek FD Cuypers & Hulswit kemudian mengubahnya menjadi bangunan bergaya art deco, seperti saat ini. Pada tahun yang sama, pabrik mulai dibangun dan saat itu menjadi produsen rokok putih terbesar di Indonesia.

BACA JUGA:Berapa Bonus Atlet Kota Cirebon Peraih Emas, Perak Perunggu Porprov 2022? Lihat Usulannya di Sini

Namun, sejak perang dunia kedua pada 1942, perseroan tersebut mengalami hambatan dan kekayaannya jatuh ke tangan pemerintah Jepang, sehingga aktivitasnya terhenti selama beberapa waktu.

Pabrik rokok ini juga sempat mengalami masalah pada tahun 1963 – 1964 dikarenakan konfrontasi Indonesia-Malaysia.

Namun akhirnya diputuskan bahwa semua perusahaan milik Inggris akan menjadi milik Indonesia yang kemudian membuat BAT secara sah menjadi milik Indonesia dan mengubah nama pabrik rokok di Cirebon tersebut menjadi PT BAT Indonesia.

Setelah menjadi salah satu pabrik rokok terbesar dan tersukses sekian tahun di Indonesia, akhirnya Gedung BAT secara resmi ditutup pada tahun 2010 oleh PT Bentoel Internasional Investama (BINI) yang menjadi pemilik sah BAT saat itu.

 Semua produksi rokok dari BAT kemudian dipindahkan ke Malang Jawa Timur.Hingga saat ini Gedung BAT tersebut masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik oleh pemerintah setempat.

 Gedung yang oleh warga Cirebon dikenal sebagai Gedung BAT, telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Cirebon sebagai salah satu cagar budaya yang dimiliki Kota Udang. Meski sudah tidak berfungsi lagi, tetapi gedung ini masih terus dijaga dan dirawat kelestariannya.

BACA JUGA:Tiduran di Atas Rel Kereta Api, Warga Wanakaya Cirebon Tewas Tertabrak

Bangunan British America Tobacco

Selain menjadi sejarah peninggalan kolonial, Gedung BAT pun menjadi saksi sejarah kejayaan pabrik rokok di Kota Udang. Keunikan arsitekturnya menjadikan daya tarik gedung ini di mata wisatawan, baik lokal dari Kota Cirebon dan sekitarnya, maupun dari kota lain dan bahkan wisatawan mancegara.

Menjadi Spot Foto yang Populer

Jika anda mengunjungi Cirebon maka anda diharuskan mampir ke Gedung British American Tobacco untuk berfoto. Pasalnya bangunan tua ini sangat populer dan sangat cocok untuk dijadikan spot foto, hal ini wajar saja mengingat bangunan dengan gaya art deco ini berada di tengah-tengah kota dengan konsep ala bangunan kolonial nan indah.

Tempat Berolahraga

BACA JUGA:Pelaku Pelecehan Seksual di Kampus Gunadarma Diikat, Ditelanjangi hingga Dicekoki Air Kencing

Daya tarik dari bekas pabrik rokok di Cirebon ini adalah sebuah lokasi yang sangat cocok untuk melakukan olahraga. Ketika sore hari anda akan menemukan beberapa orang yang sibuk berlari atau bersepeda mengelilingi BAT. Selain itu, di pagi hari terlebih weekend juga sering dijumpai banyak orang berolahraga di sekitar lokasi.

Tempat Kuliner

Nah, hal yang satu ini tidak boleh anda lewatkan karena disekitaran pinggir jalan gedung tersebut banyak penjual makanan dan minuman. Bahkan di libur akhir pekan mereka para penjual menjual dagangannya hingga larut malam.

Nah, itulah beberapa hal mengenai Gedung BAT yang merupakan bangunan Peninggalan Zaman Kolonial. Pokoknya merupakan salah satu Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi di Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: