Selamatkan Uang Negara Rp11 Miliar Lebih, Puncak Peringatan Hari Anti Korupsi 2022, Inspektorat Gelarwasda

Selamatkan Uang Negara Rp11 Miliar Lebih, Puncak Peringatan Hari Anti Korupsi 2022, Inspektorat Gelarwasda

komitmEn: inspektur iyan Ediyana msi menandatangani komitmen berantas korupsi. Penandatanganan juga dilakukan oleh Bupati Cirebon dan ketua dPRd kabupaten Cirebon.--

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Peringatan Hari Anti Korupsi tingkat Kabupaten Cirebon berjalan lancar. Berbagai kegiatan pun sukses digelar Inspektorat Kabupaten Cirebon. Puncaknya, kemarin (14/12).

Ditutup dengan agenda gelar pengawasan daerah (Gelarwasda) dan seminar hari anti korupsi sekaligus pemberian penghargaan kepada pelajar, SKPD, dan pemerintah desa.

Seminar itupun dihadiri, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Mohamad Luthfi MSi, kepala dinas/badan, para camat dan para kuwu se-Kabupaten Cirebon. Dalam kesempatan itu pula, Inspektorat Kabupaten Cirebon membeberkan data menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp11 miliar lebih sepanjang tahun 2022.

Seperti diketahui, sebelumnya Inspektorat Kabupaten Cirebon sebagai SKPD yang rutin melakukan pemeriksaan keuangan daerah menggelar lomba membaca puisi tingkat SMP/MTs dan lomba banner antar SKPD.

BACA JUGA:Panas, Arya Saloka dan Putri Anne Disebut Sudah Cerai Sejak 2021

Inspektur Kabupaten Cirebon, Iyan Ediyana MSi mengatakan, seminar ini merupakan rangkaian memperingati hari Anti korupsi tahun 2022. Tujuannya, ingin menggugah dan membudayakan melawan korupsi.
Ia berharap, kedepan yang namanya korupsi bukan hanya tugas inspektorat saja tapi menjadi tanggungjawab semua.

“Seminar anti korupsi ini pembahasannya lebih kepada ke pelayanan publik tanpa KKN. Sesuai dengan tema hakordia pusat 2022, yakni, Indonesia Maju Bersatu Berantas Korupsi,” kata Iyan, di sela-sela acara Gelarwasda dan  Seminar memperingati Hari Anti Korupsi se-dunia tahun 2022.

Ia juga berharap, dengan peringatan hari anti korupsi ini, Cirebon bebas KKN. “Kita hanya ikhtiar melakukan upaya preventif. Karena untuk penindakan adanya di kepolisian dan kejaksaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg meminta, Inspektorat untuk melaksanakan pengawasan sedini mungkin, serta mampu memperluas peran pengawasan dengan menitikberatkan pada fungsi quality assurance, dan fungsi consulting.

BACA JUGA:Ronaldo Kembali ke Real Madrid Setelah dari Qatar, Tapi Benarkah Peluang Sudah Tertutup?

Sehingga, pengawasan menjadi salah satu aspek yang sangat penting, agar penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan daerah itu on the track. Sesuai dengan visi dan misi daerah, serta sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Artinya, peringatan hari antikorupsi sedunia harus dijadikan momentum untuk penguatan upaya pemberantasan korupsi,” ucapnya.

Karenanya, ia sangat mendukung pelaksanaan semua kegiatan yang digelar Inspektorat, dalam rangka memerangi korupsi. Terlebih diadakan lomba baca puisi tingkat SMP/MTs, yang memberikan pelajaran kepada generasi penerus agar mampu menekan tingkat korupsi di Indonesia.

BACA JUGA:Kisah Iptu Umbaran Menyamar Jadi Wartawan Selama 14 Tahun, Aktif di Komunitas Bonsai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: