Media Jalankan Fungsi Kontrol Pemilu

Media Jalankan Fungsi Kontrol Pemilu

DISKUSI: Bawaslu Kota Cirebon menggelar diskusi dengan kalangan media massa melalui kegiatan peningkatan kapasitas kehumasan dan partisipasi media dalam pengawasan Pemilu 2024, Rabu (14/12). -Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Perhelatan Pemilu 2024, peran media sangat penting dalam mengawasi pesta demokrasi yang jujur dan adil. Hal ini dikatakan Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cirebon, Supriyan SH di sela acara partisipasi aktif media masa dalam pengawasan Pemilu 2024 di Hotel Zamrud, Rabu (14/12).  

Supriyan menjelaskan, Bawaslu menyadari pentingnya peranan media, mulai dari media elektronik dan media cetak, dan lainnya, punya peran yang cukup besar. Selain memberikan informasi kepada masyarakat, media juga bisa mengawasi jalannya Pemilu.

Melalui peningkatan kapasitas kehumasan dan partisipasi media dalam pengawasan Pemilu, kata dia, diharapkan, peran media lebih mudah mencerdaskan masyarakat. Karena, peran media begitu besar.

Selain menyuarakan aspirasi masyarakat, juga bisa mengkritisi dan memberikan masukkan mengenai jalannya Pemilu. Lebih khusus menepis berita-berita bohong (hoax).

BACA JUGA:Rizky Billar Berulah Lagi dan Jadi Omongan Netizen, Begini Alasan Suami Lesti Kejora

Sementara itu, Pemimpin Redaksi (Pemred) Rakyat Cirebon Khaerul Anwar menegaskan peran media diharapkan bisa membantu penyelenggara Pemilu yang demokratis. Saat ini, kata Anwar, banyak sekali berita-berita yang tidak sesuai dengan isi dan judul. Hadirnya media-media mainstream yang cenderung hoax, bisa ditumpas dengan peran media.

Sedangkan Akademisi Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon Khaerudin Imawan menjelaskan media bisa menentukan sikap ideal yang harus diperjuangkan. Maka dari itu, media diharapkan bisa demokratis, jujur dan adil, guna terselenggaranya Pemilu 2024.

Media menyadari penuh peran dalam kontestasi Pemilu 2024. “Media harus melihat regulasi, tentunya harus sesuai dengan kode etik dunia jurnalistik,” pungkasnya.

BACA JUGA:Panas, Arya Saloka dan Putri Anne Disebut Sudah Cerai Sejak 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: