Jangan Anggap Remeh Gusi Bengkak, Ini Penyebabnya yang Perlu Anda Ketahui

Jangan Anggap Remeh Gusi Bengkak, Ini Penyebabnya yang Perlu Anda Ketahui

ilustrasi gusi bengkak--

RADARCIREBON.COM - Gusi bengkak merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang tak boleh dianggap remeh. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman pada mulut, Gusi bengkak yang tidak ditangani secara serius dapat mengakibatkan kerusakan jaringan dan tulang penopang gigi.

Kamu harus mengenali penyebabnya terlebih dahulu agar bisa mengatasi Gusi bengkak dengan cara yang tepat.

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan Gusi bengkak:

1. Malas menyikat gigi
Faktor utama malas gosok gigi tak hanya meningkatkan risiko perkembangbiakan bakteri penyebab bau mulut tak sedap. Kebiasaan buruk ini juga rentan menimbulkan plak dan karang gigi yang dapat membuat gusi jadi bengkak.

2. Kehamilan
Wanita yang sedang hamil juga rentan mengalami Gusi bengkak karena perubahan hormon dan peningkatan produksi darah dalam tubuh. Selain itu, sistem imun tubuh yang melemah selama hamil juga membuat bakteri mudah berkembang biak pada rongga mulut hingga menyebabkan Gusi bengkak.

BACA JUGA:Pemotongan Bansos di Cirebon, Kuwu Mundu Mesigit: Ada 100 Lebih yang Disunat, Rp 300 Ribu Per Orang

3. Kekurangan vitamin C

Jika kamu kekurangan vitamin C, maka kamu akan rentan mengidap sariawan. Penyakit sariawan tidak hanya dapat menimbulkan bengkak pada lidah atau bibir tetapi juga gusi.

4.  Konsumsi jenis obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat tertentu seperti antiepilepsi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal, dan penghambat saluran kalsium dapat menimbulkan efek samping berupa pembengkakan gusi.

BACA JUGA:Perdana! PSK Online Michat di Cirebon Disidang, Bisa Kena Denda Rp50 Juta atau Penjara 3 Bulan

5.  Pemasangan kawat gigi atau gigi palsu

Orang yang baru menggunakan gigi palsu atau kawat gigi biasanya juga mengalami masalah gusi bengkak karena gusi bergesekan dengan plat gigi palsu atau kawat gigi. Namun, penyebab gusi bengkak yang satu ini tidak akan berlangsung lama karena rongga mulut akan beradaptasi dengan penggunaan kawat gigi atau gigi palsu.

6.  Kebiasaan rokok

Belum banyak orang yang menyadari bahwa kebiasaan merokok juga bisa membuat gusi jadi bengkak. Para perokok mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih mudah diserang bakteri penyebab penyakit mulut. Perkembangbiakan bakteri pada mulut dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan, mulai dari bau napas tak sedap hingga pembengkakan gusi.

BACA JUGA:Kesehatan Gigi Pengaruhi Faktor Stunting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: