Rekomendasi 4 Tempat Wisata Semarang Untuk Liburan Akhir Tahun Kalian

Rekomendasi 4 Tempat Wisata Semarang Untuk Liburan Akhir Tahun Kalian

Klenteng Sam Poo Kong-Screenshot-radarcirebon.com

SEMARANG, RADARCIREBON.COM- SEMARANG adalah ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian dari Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Kota ini adalah kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan Semarang.

Untuk kalian yang ingin berlibur di Semarang, berikut kami sajikan Rekomendasi 4 Tempat Wisata Semarang Untuk Liburan Akhir Tahun Kalian. Yuk, simak informasinya.

BACA JUGA:Zodiak Leo Hari ini Minggu 18 Desember 2022, Jangan Lakukan Hal Ini

Profil Kota Semarang

Dikutip dari berbagai sumber, nama "Semarang" kabarnya berasal dari kata "sem", yang berarti "asam/pohon asam", dan kata "arang", yang berarti "jarang", yang digabungkan menjadi "asam yang jarang-jarang".

Penamaan "Semarang" ini bermula ketika Ki Ageng Pandanaran I alias Ki Ageng Pandan Arang (bupati pertama Semarang), datang ke sebuah pulau bernama Pulau Tirang (dekat pelabuhan Bergota) dan melihat pohon asam yang jarang-jarang tumbuh berdekatan.

Penamaan kota Semarang ini sempat berubah saat zaman kolonialisme Hindia Belanda menjadi "Samarang". Kota Semarang merupakan satu dari tiga pusat pelabuhan (Jakarta dan Surabaya) penting bagi Hindia Belanda sebagai pemasok hasil bumi dari wilayah pedalaman Jawa.

Nama "Semarang" kabarnya berasal dari kata "sem", yang berarti "asam/pohon asam", dan kata "arang", yang berarti "jarang", yang digabungkan menjadi "asam yang jarang-jarang".

BACA JUGA:Penemuan Bayi di Cibereum Kuningan, Tergeletak Dekat Balai Desa Sumurwiru

Penamaan "Semarang" ini bermula ketika Ki Ageng Pandanaran I alias Ki Ageng Pandan Arang (bupati pertama Semarang), datang ke sebuah pulau bernama Pulau Tirang (dekat pelabuhan Bergota) dan melihat pohon asam yang jarang-jarang tumbuh berdekatan.

Penamaan Kota Semarang ini sempat berubah saat zaman kolonialisme Hindia Belanda menjadi "Samarang". Kota Semarang merupakan satu dari tiga pusat pelabuhan (Jakarta dan Surabaya) penting bagi Hindia Belanda sebagai pemasok hasil bumi dari wilayah pedalaman Jawa.

Kota Semarang mempunyai julukan yaitu Venice Van JavaJulukan ini diberikan lantaran Semarang memiliki banyak sungai di tengah kota, seperti kontur Kota Venesia di Italia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2001, luas perairan darat di Semarang yakni 1.775 hektare (ha) atau 4,75% dari total luas wilayah ibu kota provinsi Jateng tersebut.

BACA JUGA:Daftar Bubur Ayam di Cirebon Yang Wajib Kalian Coba Saat Berkunjung ke Cirebon

Dalam sektor pariwisatanya, Semarang memiliki beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Berikut adalah Rekomendasi 4 Tempat Wisata Semarang Untuk Liburan Akhir Tahun Kalian.

1. Dusun Semilir

Dusun Semilir merupakan salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Dusun Semilir dibangun pada tahun 2018. Sejak soft opening yang dilakukan pada 25 Mei 2019 silam, Dusun Semilir selalu ramai disambangi wisatawan. Keunikan arsitektur yang menyerupai stupa candi menjadi daya tarik tersendiri.

Memiliki lahan seluas 14 hektar,  kalian akan disuguhkan dengan beberapa spot wisata yang kekinian, hits, dan tentu saja instagramble. Fasilitas yang ditawarkan pun sangat beragam seperti kolam renang, rumah hantu, panggung pentas, dan masih banyak lainnya.

Terdapat juga Resort di dalam Dusun Semilir yang tentunya bisa untuk kalian sewa untuk  bermalam disana dengan tarif sekitar Rp.800K-Rp.2.500K(tergantung jenis kamar dan lama tinggal).

BACA JUGA:Geger Penemuan Bayi Laki-laki di Cibeureum Kuningan, Dibungkus Kantung Plastik

Selain spot wisata dan resort, tak ketinggalan pula dengan tempat oleh-oleh nya. Terdapat banyak pernak-pernik oleh-oleh yang bisa kalian beli dan juga oleh-oleh makanan yang murah meriah dan enak.

Lokasi: Jl. Soekarno - Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661

Tiket: Hari kerja: Rp 30.000, Paket hemat: Rp 40.000(tiket masuk, perosotan pelangi, hanuman mlumpat), Paket salju: Rp 65.000(tiket masuk, dusun salju).

Akhir pekan dan libur nasional: Rp 40.000, Paket hemat: Rp 60.000(tiket masuk, perosotan pelangi, hanuman mlumpat), Paket salju: Rp 90.000 (tiket masuk, dusun salju. 

BACA JUGA:Inilah Tips Aman dan Nyaman dari PLN Agar Liburan Tenang

Jam Buka: Hari Kerja: 09.00-18.00 WIB, Weekend: 08.00-20.00 WIB

2. Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang merupakan salah satu tempat wisata bersejarah. Bangunan ini merupakan milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang awalnya digunakan sebagai Kantor Pusat perusahaan kereta api swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM).

Gedung Lawang Sewu dibangun secara bertahap di atas lahan seluas 18.232 m2. Bangunan utama dimulai pada 27 Februari 1904 dan selesai pada Juli 1907. Sedangkan bangunan tambahan dibangun sekitar tahun 1916 dan selesai tahun 1918.

Bagi kalian yang suka dengan sejarah Indonesia, disini terdapat banyak sekali benda-benda kuno dan peninggalan pahlawan Indonesia dan kaum bangsawan Belanda.

Gedung ini juga memiliki banyak mitos yang masih beredar hingga sekarang yang konon katanya tidak boleh ada kunjungan malam hari untuk berwisata di gedung tersebut.

BACA JUGA:Khawatir Bawa Virus Unta dari Qatar Usai Nonton Piala Dunia 2022, Inggris Himbau Warganya Cek Kesehatan

Lokasi: Jl. Pemuda No.160, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132

Tiket: Rp.10.000-Rp.30.000

Jam Buka: 08.00-17.00 WIB

BACA JUGA:Khawatir Bawa Virus Unta dari Qatar Usai Nonton Piala Dunia 2022, Inggris Himbau Warganya Cek Kesehatan

 

3. Klenteng Sam Poo Kong

Tempat wisata sekaligus tempat peribadatan umat Kong Hu Cu ini merupakan bekas peninggalan Laksamana Zhang He atau lebih dikenal dengan nama Laksamana Cheng Ho.

Mengutip dari beberapa sumber, asal muasal Klenteng Agung Sam Poo Kong adalah ketika armada Zheng He merapat di pantai Simongan, Semarang karena juru mudinya, Wang Jing Hong sakit keras.

Sebuah gua batu dijadikan tempat beristirahat Zheng He dan mengobati Wang Jing Hong. Sementara juru mudinya menyembuhkan diri, Zheng He melanjutkan pelayaran ke Timur untuk menuntaskan misi perdamaian dan perdagangan keramik serta rempah-rempah.

Selama di Simongan, Wang memimpin anak buahnya menggarap lahan, membangun rumah dan bergaul dengan penduduk setempat. Lingkungan sekitar gua jadi berkembang dan makmur karena aktivitas dagang maupun pertanian.

BACA JUGA:Diduga Akibat Suhu Dingin, Aquarium Raksasa di Berlin Pecah

Demi menghormati pimpinannya, Wang mendirikan patung Zheng He di gua batu tersebut untuk dihormati dan dikenang masyarakat sekitar. Inilah asal muasal dibangunnya Klenteng Sam Poo Kong di Semarang.

Lokasi: Jl. Simongan No.129, Bongsari, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50148

Tiket: Rp5.000 - Rp65.000

Jam Buka: 08.00-17.00 WIB

BACA JUGA:Melancong ke Beijing Gak Pake Ribet, Pemerintah China Hapus Tes PCR

4. Ayanaz Gedongsongo

Tempat wisata yang satu ini pastinya cocok banget buat kalian yang berliburan sambil menikmati pemandangan sambil duduk santai dari atas bukit. Memiliki banyak spot yang instagramble dan berkonsep kekinian, menjadikan daya tarik tersendiri dari Ayanaz Gedongsongo.

Latar pegunungan, awan, dan langit biru membuat tempat ini sangat indah untuk berfoto. Pemandangan utama adalah Gunung Ungaran serta Gunung Sindoro dan Sumbing yang sangat indah sebagai latar foto. Berada masih satu area dengan Candi Gedong Songo menjadi keunggulan tersendiri.

Lokasi: Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50614

Tiket: Rp15.000 - Rp30.000

Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB

Nah, itulah Rekomendasi 4 Tempat Wisata Semarang Untuk Liburan Akhir Tahun Kalian, semoga artikel ini dapat membantu kalian dan selamat berlibur!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: