Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat Diam, Perhatikan 12 Hal Berikut Ini dan Simak Cara Mengatasinya

Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat Diam, Perhatikan 12 Hal Berikut Ini dan Simak Cara Mengatasinya

Ilustrasi memanasi mesin mobil.-Andrea Piacquadio-Pexel

RADARCIREBON.COM -- Penyebab mesin mobil bergetar saat diam bisa karena sejumlah kerusakkan yang terjadi. Cek dengan sempurna. 

Pada dasarnya, mesin mobil bergetar ketika dinyalakan itu memang wajar. Sebab, ketika dinyalakan ada energi gerak yang bergabung dengan energi listrik.

Coba saja rasakan, ketika Anda menyalakan mesin mobil, pasti akan terasa getaran. Ya, itu memang sesuatu yang lumrah terjadi.

Namun demikian, jika Anda mendapati mesin mobil bergetar sehingga menimbulkan getaran yang tidak biasa, mungkin memang telah terjadi masalah pada kondisi mobil Anda.

Apalagi jika terjadi mesin mobil bergetar saat diam, tentu harus dicari tahu penyebab utamanya. Jangan sampai kerusakkan pada kendaraan kesayangan Anda dibiarkan semakin parah.

Sangat penting untuk mencari tahu penyebab utama mesin mobil bergetar saat dalam kondisi diam. Hal itu untuk bisa segera mengatasinya dengan cara yang tepat.

Ya, walaupun dalam kondisi mati, mesin mobil bisa saja terus bergerak. Tentu saja kejadian seperti ini tidak biasa terjadi pada kendaraan Anda.

Tapi, jika terjadi demikian, rupanya kondisi seperti itu bisa disebabkan oleh banyak hal. Nah, berikut ini adalah 12 penyebab mesin mobil bergetar saat kondisi diam. 

1. Setelan Mesin yang Salah

Mesin mobil yang terus bergetar meskipun diam ternyata sering disebabkan oleh setelan mesin yang salah.

Kondisi ini dapat terjadi ketika montir yang melakukan penggantian onderdil lupa untuk mengembalikan mesin ke kondisi semula. Setelan menjadi salah dan menyebabkan mesin bergetar saat diam.

2. Piston Sudah Aus

Jika sering memacu mobil dalam kecepatan tinggi maka komponen dengan nama piston akan mudah aus. Piston yang aus ternyata bisa membuat mesin bergetar meskipun dalam kondisi diam.

Oleh sebab itu wajib di cek kondisinya, dan jika memang aus perlu segera diganti agar mesin tidak bergetar terus-menerus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: