Festival Ide

Festival Ide

--

RADARCIREBON.COM - Hari ini ulang tahun ke 23 Radar Cirebon. Tak ada gegap gempita. Tidak ada perayaan yang heboh. Tak ada pesta. Dan tak pula hura-hura.

Maklum situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan. Hantaman pandemi ini sangatlah mengganggu. Ditambah lagi perubahan yang begitu cepat di dunia media.

Semuanya menuntut ide-ide dan langkah-langkah besar untuk keberlanjutan koorporasi media ini. Tidak cukup hanya menepuk dada “dulu kita besar”. Tak elok pula kalau hura-hura.

Namun demikian tetap ada beberapa kegiatan sebagai penanda usia 23 tahun. Misalnya jalan santai ulang tahun guru di Sumber, Kabupaten Cirebon. Jalan santai berbatik di Kota Cirebon.

BACA JUGA:Karim Benzema Putuskan Pensiun dari Timnas Prancis: Kisah itu Telah Berakhir

Tadi malam ada acara person of the year. Penghargaan tahunan bagi para tokoh Wilayah 3 Cirebon pilihan wartawan. Dan hari ini ada liputan khusus ulang tahun.

Biasanya hari H ada acara tumpengan. Tapi tumpengan kali ini tidak seperti biasanya. Ada kegiatan lain, yang bisa jadi lebih menarik. Tapi bisa jadi juga tidak. Acara apa itu? Festival Ide namanya.

Festival ide ini bagi saya yang paling menarik. Karena selain konsep acaranya yang baru kali pertama, juga ada implikasi lain. Akan muncul ide-ide besar yang akan menentukan langkah-langkah hebat di masa yang akan datang.

Seperti apa acaranya? Saya tidak begitu paham detailnya. Karena acara ini digagas oleh anak anak muda. Mereka juga sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Juga biarlah mereka yang akan mengeksekusinya sendiri. Tentu manajemen sangat mendukung.

BACA JUGA:Biaya Pemasangan Tabung CNG, Bisa untuk Mobil dan Motor, Cek Angkanya di Sini

Hanya secara garis besar saya sedikit tahu. Intinya memfestivalkan ide ide besar semua yang terlibat di grup korporasi ini. Gagasan yang satu diadu dengan gagasan yang lain mana yang lebih baik. Bahkan gagasan-gagasan itu akan dinilai dan ditentukan pemenangnya.

Menurut saya ini menarik. Karena selama 23 tahun ini gagasan hanya natural. Bahkan terlalu sering gagasan datang dari top manajemen. Walau banyak pula yang datang dari para karyawan. Tapi masih belum maksimal melibatkan karyawan.

Nah, kali ini gagasan diminta dari semua karyawan. Diadu antara ide karyawan yang satu dengan yang lain. Antara bidang satu dengan yang bidang yang lain. Yang paling presisi, itu yang akan dilaksanakan.

Yang juga menarik dari festival ide ini adalah gagasan gagasan juara akan ditentukan pemenang dan diberi hadiah. Tentu baru kali pertama terjadi di manajemen ini. Baru sebatas ide saja sudah diberi penghargaan.

BACA JUGA:Update Kasus Jari Manusia di Sayur Lodeh, Simak Penjelasan Brigjen Nyoman

Ternyata filosofinya mendalam. Bayak orang yang selalu mengatakan “hargai ide’ . Tapi ternyata ungkapan itu hanya omong kosong. Penghargaan terhadap ide ini hanya sekadar di bibir saja. Hanya sebatas “talking news”.

Tapi anak anak muda di manajemen ini ingin berbeda. Mereka sudah mulai berani menghargai ide secara riil. Difestivalkan, dinilai, ditentukan juaranya dan diberi hadiah. Ide ide terbaik nanti yang akan dilaksanakan.

Lalu ide-ide apa saja yang divestifalkan? Tentu banyak. Tapi koridornya adalah bagaimana memajukan korporasi ini di masa depan. Yang tetap muda, tetap memiliki mimpi besar, tidak ketinggalan zaman dan sanggup bersaing.

Tentang detailnya? Ya kita tunggu hari ini. Dan kita tunggu pula implementasinya ke depan. Sambil pula menantikan, kejutan apa Radar Cirebon Group di tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: