Warga Mundu Ingin Gabung ke Kota Cirebon, Camat: Bukan Masalah Infrastruktur, Tapi Jarak

Warga Mundu Ingin Gabung ke Kota Cirebon, Camat: Bukan Masalah Infrastruktur, Tapi Jarak

Lembaga desa hingga rukun warga di Kecamatan Mundu akan melaksanakan Musdesus pada Januari 2023 untuk menentukan pilihan gabung ke Kota Cirebon.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Camat Mundu, Anwar Sadar merespons soal warga yang lebih memilih gabung ke Kota Cirebon ketika audiensi Musdesus Pemekaran Cirebon Timur.

Warga Kecamatan Mundu memilih gabung dengan Kota Cirebon, ketimbang harus masuk dalam wilayah calon daerah otonomi baru Cirebon Timur.

Merespons hal itu, Camat Mundu yakin bahwa keinginan bergabung ke Kota Cirebon bukan dilatarbelakangi masalah infrastruktur. Tetapi hanya masalah jarak.

Soal jalan rusak misalnya, di Kecamatan Mundu hanya menyisakan ruas Kalijaga ke Desa Suci. Selebihnya, ruas jalan di Mundu bahkan sudah dibeton.

BACA JUGA:Heboh Bupati Kuningan Disebut Kena OTT KPK, Acep Purnama: Saya Lagi Rapat

BACA JUGA:Inilah Penilaian Shin Tae Yong Terhadap 3 Pemain Naturalisasi di Laga Perdana Piala AFF 2022

"Infrastruktur jalan sebagian besar sudah dibeton. Jadi menurut saya bukan karena masalah infrastruktur atau pelayanan," kata Anwar Sadat, kepada radarcirebon.com.

Dikatakan dia, persoalan warga yang lebih ingin bergabung ke Kota Cirebon lebih ke faktor jarak ke pusat pemerintahan. Bukan karena infrastruktur ataupun pelayanan.

Kendati ramai isu masyarakat yang ingin Kecamatan Mundu masuk ke wilayah Kota Cirebon, tetapi pihaknya menegaskan sejauh ini, tidak ada usulan resmi terkait hal itu.

Sementara itu, Forum Kuwu Kabupaten Cirebon (FKKC) Kecamatan Mundu, Haerun mengatakan, pihaknya akan memproses persyaratan administrasi untuk bergabung ke Kota Cirebon.

BACA JUGA:Herry Wirawan, Terdakwa Rudapaksa 13 Santriwati Ajukan Kasasi

BACA JUGA:Inilah Ciri-ciri Set Top Box, Alat Penunjang Siaran Digital di TV Analog

Termasuk melaksanakan musdesus di setiap desa di Kabupaten Cirebon yang rencananya akan dilaksanakan pada Januari 2023.

Terkait alasan lebih condong masuk ke Kota Cirebon, salah satunya karena faktor pelayanan air bersih.

Selama ini, PDAM Kota Cirebon tidak bisa masuk ke Kecamatan Mundu. Masalahnya, PDAM Kabupaten Cirebon juga tidak bisa masuk.

"Mudah-mudahan setelah masuk Kota Cirebon, PDAM juga bisa masuk ke sini. Jadi pelayanan air bersih akan jauh lebih baik," ungkapnya.

BACA JUGA:Ditpolairud Polda Jabar Amankan Wisata Perairan dan Pantai saat Nataru

BACA JUGA:Dampingi Kakorsabhara Baharkam Polri, Kapolresta Cirebon Pantau Posyan Weru Operasi Lilin Lodaya 2022

Wilayah Kecamatan Mundu terdiri dari 12 desa yakni, Desa Suci, Mundu Pesisir, Waruduwur, Mundu Mesigit, Citemu, Bandengan, Penpen, Setu Patok, Sinarancang, Pamengkang, Banjarwangunan, dan Luwung.

Sebagai informasi, luas Kecamatan Mundu mencapai 27,40 kilometer persegi. Dengan jumlah penduduk sekitar 71.761 jiwa.

Bila Kecamatan Mundu memilih gabung ke Kota Cirebon, tentu luas wilayah kota administratif tersebut akan bertambah luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: