Peringati Hari AIDS se-Dunia, Pemprov Jabar Tekan Infeksi dan Perkuat Mitigasi

Peringati Hari AIDS se-Dunia, Pemprov Jabar Tekan Infeksi dan Perkuat Mitigasi

Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil menghadiri peringatan Hari AIDS Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 bertema “Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS" di Taman Cikapundung River Spot, Kota Bandung, Sab-Biro Adpim Jabar-

Menurut Atalia, semakin banyak masyarakat mengetahui status HIV dan mendapatkan pengobatan ARV lebih dini diharapkan dapat mendorong percepatan tercapainya penurunan epidemi HIV, sehingga Indonesia dapat mencapai “three zero”. 

BACA JUGA:Saldo Dana Gratis Langsung Cair Tanpa Aplikasi, Rp 500 Ribu Langsung Masuk, Begini Caranya

"Diharapkan Indonesia dapat mencapai “three zero”,  yaitu tidak ada infeksi baru HIV, tidak ada kematian akibat AIDS, dan tidak ada stigma terhadap orang dengan HIV untuk mencapai eliminasi HIV di tahun 2030," kata Atalia. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana mengungkapkan, kasus kumulatif HIV di Jawa Barat hingga September 2022 tercatat sebanyak 57.134 kasus, dan kasus kumulatif AIDS sebanyak 12.326 Kasus. 

“Pada tahun 2020 ke 2021 kasus kumulatif HIV dan AIDS sempat mengalami penurunan, namun pada tahun 2022 di Jabar mengalami peningkatan kembali,” ujar Nina. 

BACA JUGA:Cegah Kemacetan, Polisi Terapkan Sistem Contra Flow di KM 47-KM 61 Tol Jakarta-Cikampek

Ia mengimbau apabila ditemukan orang dengan hasil tes HIV positif, diupayakan segera lakukan pemberian pengobatan ARV kepada pasien. 

“Tingkatkan edukasi HIV AIDS pada seluruh sektor, baik tenaga kesehatan dan masyarakat pada berbagai usia dan jenis kelamin agar tidak ada diskriminasi pada ODHA di manapun ODHA berada,” tutur Nina. 

Rangkaian kegiatan peringatan Hari HIV/AIDS sedunia ini diisi dengan senam sehat, talk show, hiburan hingga pembagian door prize. (jun)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase