Waspada! Periode Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Bakal ada Cuaca Ekstrem

Waspada! Periode Libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Bakal ada Cuaca Ekstrem

Cuaca ekstrem yang ditandai dengan hujan deras dan angin kencang menyebabkan atap Stadion Ranggajati rusak. -Dedi Haryadi-radarcirebon.com

JAKARTA, RADAR CIREBON.COM - Cuaca ekstrem terprediksi bakal terjadi pada periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Hal tersebut disampiakan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

Dia menjelaskan, cuaca ekstrem akan melanda sejumlah kota dan daerah periode nataru ini. 

BACA JUGA:Ridwan Kamil Umumkan Pengoperasian Angkutan Massal Bandung Raya Berbasis Go Green

Menurut Dwikorita, BMKG mendeteksi cuaca yang sangat berpotensi ekstrem karena perkembangan cuaca yang dipicu dari berbagai fenomena Anomali dinamika Atmosfer.

“Dari Monitoring yang dilakukan oleh BMKG kami mendeteksi perkembangan kondisi cuaca yang sangat berpotensi menjadi ekstrem, jadi perkembangan kondisi cuaca yang dipicu oleh berbagai fenomena anomali dinamika atmosfer yang terjadi secara bersamaan,” ujar Dwikorita, belum lama ini.

Dwikorita menyampaikan, terdeteksi potensi hujan dengan intensitas signifikan mulai periode 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 perlu diwaspadai berbagai wilayah sebagai berikut.

BACA JUGA:Ada Bocoran, Tahun Depan Kendaraan Diatas 1400 CC Dilarang Membeli Pertalite dan Solar

Ada 11 Provinsi yang berpotensi mengalami hujan lebat hingga sangatekstrem lebat bahkan dikhawatirkan menjadi apalagi saat ini memang memasuki puncak musim hujan.

“11 Provinsi yang harus siaga mulai 25 Desember sampai 1 Januari 2023 yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Maluku,” kata Dwi.

BACA JUGA:Ada Bocoran, Tahun Depan Kendaraan Diatas 1400 CC Dilarang Membeli Pertalite dan Solar

Dwikorita Karnawati menyebut Kemudian ada 9 Provinsi pada periode tersebut berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang sampai lebat yaitu diantaranya.

“Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua itu cuaca dalam perjalanan Darat,” ujarnya. (jun)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase