Resmi, IAI BBC Bertransformasi Menjadi Universitas

Resmi, IAI BBC Bertransformasi Menjadi Universitas

IAI BBC resmi alih bentuk menjadi Universitas Islam Bungsa Cirebon (UI BBC) dengan keputusan mentri agama (KMA) nomor 1333 tahun 2022.--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC) kembali berhasil melahirkan lulusan berkualitas. Sebanyak 490 wisudawan dan wisudawati telah berhasil menyelesaikan pendidikannya, dan berhasil meraih gelar Magister Pendidikan (M.Pd) bagi Program Pascasarjana, Sarjana Pendidikan (S.Pd.) bagi Fakultas Tarbiyah, Sarjana Ekonomi (S.E.) bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Sarjana Sosial (S.Sos) bagi Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
 
Tak hanya melahirkan lulusan terbaik pada prosesi wisuda ke-XVI tahun 2022 di Swissbel Hotel pada 28 Desember 2022, IAI BBC juga resmi alih bentuk menjadi Universitas Islam Bunga  Bangsa Cirebon (UI BBC) dengan keputusan mentri agama (KMA) nomor 1333 tahun 2022. Tak hanya alih bentuk, Bunga Bangsa Cirebon juga kembali miliki program studi (Prodi) Magister (S2) Ekonomi Syariah, dan Program Doktoral (S3) Manajemen Pendidikan islam (MPI).

“Pada prosesi wisuda kali ini, IAI BBC resmi menjadi Universitas atau UI BBC. UI BBC juga miliki prodi baru yakni S2 ekonomi syariah dan S3 MPI. Tak hanya itu pada Rakor Kopertais wilayah II Jabar, BBC mendapatkan anugerah kampus terbaik dengan raihan 4 kategori yakni nilai akreditasi tertinggi, jumlah mahasiswa terbanyak, jumlah dosen dan guru besar terbanyak serta jurnal terbanyak,”tutur Rektor UI BBC, Dr H Oman Fathurohman MA kepada Radar Cirebon.

Pihaknya juga mengajak kepada seluruh civitas akademika, mahasiswa dan alumni untuk terus melahirkan terobosan akademik yang berguna bagi bangsa, agama dan negara.

BACA JUGA:Cara Mendapat Saldo Dana Gratis 2022, Tanpa Aplikasi Tambahan, Rp 1 Juta Cair

“Kegalauan saya adalah terjadinya kebekuan akademik, dimana banyak kampus hanya menjadi pabrik sarjana. Tapi tidak dengan UI BBC. UI BBC harus adaptif dan agile menyongsong masa depan. UI BBC wajib menjalankan tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, riset penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat,”katanya.

Setelah resmi alih bentuk menjadi UI BBC, Oman Fathurohman tak ingin merubah tagline kampus BBC, yaitu Good Character and Visionary.

“Saya meyakini spirit goodness dan ruh visionary tetap efektif dalam memanaskan generator kesuksesan keluarga besar kampus digital ini. The future depends on what you do today. Masa depan tergantung pada apa yang Anda lakukan hari ini,”ujarnya.

Lebih lanjut, ujar Rektor Oman, UI BBC juga terus mendoakan para alumninya untuk sukses fiddunya wal akhiroh. Bunga Bangsa terus berikhtiar membangun networking, membangun trust (keercayaan), membangun kompetensi, meningkatkan kapasitas institusi, beradaptasi dengan perkembangan science dan teknologi, mengikuti arah pembangunan bangsa, menjaga moral dan ilmu agama, dan berbagai ikhtiar lainnya.

BACA JUGA:Korban Tabrakan di Kramatmulya Kuningan akan Dibawa ke Madura

“Inilah yang akhirnya kami bertekad memantapkan langkah Bunga Bangsa untuk membuka S-3, dan bertransformasi menjadi Universitas,”katanya.

Pada kesempatan itu, pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak, pasalnya BBC hingga saat ini banyak meraih prestasi. Bahkan UI BBC memenangkan posisi sebagai PTKIS terbaik di Jawa Barat.

“Ucapan terima kasih utamanya disampaikan kepada Kementerian Agama, lalu kepada Pemerintah Daerah, kepada para tokoh agama/masyarakat, kepada Pengurus Yayasan Bunga Bangsa dan waqif, kepada para dosen dan karyawan, kepada para mahasiswa dan alumni, serta kepada para orang tua dan wali mahasiswa pada umumnya. Semoga Allah swt menjadikan dedikasi kita sebagai jariyah yang abadi,”pungkasnya

BACA JUGA:Tabrakan Avanza dan Bus Pariwisata di Ciloa Kuningan, Sungguh Tragis, Ayah dan Putrinya Meninggal Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: