Sambut Tahun Baru, Pokdaryut Cirebon Gelar Jambore Budaya

Sambut Tahun Baru, Pokdaryut Cirebon Gelar Jambore Budaya

Pokdaryut Cirebon gelar Jambore Budaya digelar pada hari Sabtu-Minggu mulai tanggal 31 Desember 2022 sampai dengan 1 Januari 2023-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kelompok Sadar Kebuyutan (Pokdaryut) Cirebon, jadikan momen tahun baru sebagai ajang silaturahmi dengan seluruh pegiat Seniman, Budayawan ,Kuncen dan stake holder lainnya dalam acara Jambore Budaya, selama dua hari satu malam, di Pendopo Nyi Gede Jemaras, Klangenan, Kabupaten Cirebon.

Jambore Budaya digelar pada hari Sabtu-Minggu mulai tanggal 31 Desember 2022 sampai dengan 1 Januari 2023. Pokdaryut masih terus produktif dan eksis untuk terus menggelar acara-acara yang berbau kebudayaan dan pelestarian.

Terlihat dari agenda Jambore Budaya ini diantaranya mengadakan Workshop Maesan yang disampaikan oleh pemateri berkompeten dalam bidangnya yaitu Kang Tendi dan Kang Muktar Zaidin. Babad Cirebon disampaikan oleh Kang H. Toti dan Kang Wastani Badjuri. Membedar Kebuyutan dimasa silam dan standarisasi Kebuyutan disampaikan oleh Kang Doddie Yulianto dan R. Hafid Permadi.

Dalam acara tersebut, Pokdaryut terus lakukan sinergitas dengan beberapa Organisasi Kepemudaan, Ormas, Orsos dan organisasi lainnya. Hal ini diungkapkan oleh R. Hafid Permadi, Mamo Nang sapaan akrabnya.

BACA JUGA:Ternyata Wong Cirebon, Kapten Soedjono adalah Kakek Luna Maya, Rumahnya Dekat Lampu Merah Palimanan

"Dalam acara Jambore Budaya ini, kami melakukan sinergitas dengan Karang Taruna Kabupaten Cirebon,KNPI, beberapa pegiat budaya, dan sedulur organisasi lainnya. Undangan peserta ada sekitar 10 peserta dari 10 kebuyutan dari wilayah Kecamatan Jamblang, Klangenan,Depok dan mengundang tamu dari Rumah Adat Panjalin Kabupaten Majalengka, dari Jatiwangi, Kuningan, Desa Keduela dan dari Indramayu serta para Pemangku Adat atau Juru Kunci, Seniman Budayawan dan penggiat pelestari kebuyutan," ungkap Mamo Nang.

Lanjutnya, kedepan, Pokdaryut akan lebih bisa membangun kembali sinergitas dengan semua elemen dan terus merangkul untuk bisa mengenalkan dan menghidupkan kembali adat, tradisi dan budaya. Acara ini juga akan digelar setiap tahunnya dan berkelanjutan sebagai agenda rutin tahunan.

"Semoga bisa dilaksanakan Jambore setiap tahunnya dan terus lakukan sinergitas dengan semuanya, baik dari kalangan pemerintahan, Adat, Seniman ,Budayawan dan masyarakt dalam melestarikan situs Cagar Budaya, Seni, Adat dan Tradisi," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jemaras Kidul, Isgiantoro, turut senang atas terselenggaranya acara Jambore Budaya yang dillaksanakan di Pendopo Nyi Gede Jemaras.

BACA JUGA:SBY Lukis Gunung Ciremai dari Cirebon, Hanya Butuh Waktu 1 Jam Lebih Sedikit

"Saya menyambutnya dengan senang senang hati pada acara Jambore Budaya yang digelar oleh Pokdaryut ini, sangat bagus kegiatannya. Saya ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh elemen. Bapak Bupati Cirebon yang telah mendukung acara ini, Pak Camat, Muspika Klangenan dan semua Anak Putu Buyut yang ada di Kabupaten Cirebon. Saya ucapkan terimakasih atas dukungan dan partisipasinya baik secara moril, tenaga dan materinya. Semoga kedepan Anak Putu Buyut lebih ditingkatkan lagi dalam rangka mengenalkan seni dan budaya yg ada di Kabupaten Cirebon yg selama ini hampir fakum," kata Isgiantoro.

Pokdaryut menjadi wadah organisasi yang salah satunya bisa mendukung kegiatan-kegiatan seni dan kebudayaan juga pemersatu para Kuncen atau Juru Kunci se Kabupaten Cirebon.

"Semoga Kuncen se Kabupaten Cirebon bisa bersatu dan seluruh Anak Putu Buyut. Dengan adanya acara jambore ini, semuanya mendapatkan keberkahan dan kemajuan," tutupnya.

BACA JUGA:Terungkap! Luna Maya Keturunan Cirebon, Kakek dari Pegagan Palimanan, Nih Buktinya

Sambutan juga disampaikan oleh Selly Andriany Gantina dari Komisi VIII DPR RI, Bupati Cirebon dan Sultan Abdul Ghani dari Keraton Kacirebonan. Dihadiri juga oleh Dinsos, Disbudpar Kabupaten Cirebon,KNPI, Ketua PSPC, Cakra Lang  uana, Karang Taruna dan organisasi lainnya.

Acara ini disambut gembira oleh masyarkat sekitar yang turut hadir meramaikan Jambore Budaya, Sanggar Seni Intan Dewi dan Galih Pawentar meramaikan acara tersebut dengan menampilkan beberapa pentas seni seperti Tarian Rampak Kontemporer, Topeng Jiwa dan pentas seni lainnya.

BACA JUGA:Terungkap! Luna Maya Keturunan Cirebon, Kakek dari Pegagan Palimanan, Nih Buktinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: