Liburan Natal dan Tahun Baru 2023 Trafik Data XL Axiata Naik 50 Persen

Liburan Natal dan Tahun Baru 2023 Trafik Data XL Axiata Naik 50 Persen

XL--

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Dari monitoring antara 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, rata-rata trafik  layanan pada periode Natal dan Tahun Baru meningkat sebesar 8% dibandingkan hari normal dan 29% dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 50% dibandingkan kondisi hari normal.

Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 2% dan SMS sebesar 5% dibandingkan hari biasa.

BACA JUGA:Nyaris Bangkrut, Pengusaha Anyaman Rotan Ini Pulih dan Semakin Tangguh Berkat BRI

”Jauh-jauh hari kami di XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2023," demikian disampaikan Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa  dalam siaran pers yang diterima Radar Cirebon.

Menurutnya, ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2022, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru.

Dan seperti yang diprediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat di berbagai wilayah.

Terutama untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru dit engah situasi  pandemi yang sudah semakin terkendali sehingga masyarakat bebas untuk bepergian ke mana pun.

BACA JUGA:Sosok Kang Alam Bapaknya Norma Risma yang Viral, Dikenal Penyabar, Kini Menghilang

Gede melanjutkan, XL Axiata juga bersyukur selama  periode liburan tersebut jaringan kami tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif.

Di antaranya adalah berupa peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru.

Meski tak ada pembatasan perjalanan lagi, trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 8% dibandingkan hari normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: