Makam Nyi Kentring Manik Mayang Sunda, Ada Versi Buniwangi dan Gunung Putri

Makam Nyi Kentring Manik Mayang Sunda, Ada Versi Buniwangi dan Gunung Putri

Makam Nyi Kentring Manik Mayang Sunda ada dua versi yakni di Buniwangi dan Gunung Putri. Foto hanya untuk ilustrasi, tidak mewakili penggambaran sosok.-Ilustrasi/Dzulham Fadholi-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Makam Nyi Kentring Manik Mayang Sunda, istri Prabu Siliwangi hingga kini terdapat beberapa versi yakni Buniwangi di Bandung dan Gunung Putri di Bogor.

Keberadaan makam Nyi Kentring Manik Mayang Sunda memang seperti menjadi misteri, layaknya Prabu Siliwangi yang tidak diketahui di mana jasadnya dikebumikan.

Selain makam Nyi Kentring Manik Mayang Sunda yang belum diketahui, juga Makam Nyi Subang Larang istri Prabu Siliwangi hingga kini juga tidak dipastikan lokasinya ada di mana.

Terkait makam Prabu Siliwangi, Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Prof Dr Nina Herlina Lubis menyebutkan bahwa kemungkinan besar Sri Baduga Maharaja tidak dimakamkan.

BACA JUGA:Biaya Rumah Sakit Indra Bekti Hampir Rp 1 Miliar, Adik Ipar Beberkan Fakta

BACA JUGA:Nyaris Bangkrut, Pengusaha Anyaman Rotan Ini Pulih dan Semakin Tangguh Berkat BRI

Tetapi, jenazah Sri Baduga Maharaja diperabukan, karena sosok raja Kerajaan Pajajaran atau Kerajaan Sunda tersebut adalah pemeluk Agama Hindu. Apakah hal demikian terjadi pada Nyi Kentring Manik?

Hal tersebut belum ada penjelasan lebih lanjut. Meski ada beberapa tempat yang disebutkan menjadi tempat peristirahatan terakhir dari ibu Prabu Surawisesa dan Sang Surosowan tersebut.

Dalam urban legend masyarakat Bandung, sosok Nyi Kentring Manik kerap dikaitkan dengan penunggu Situ Cisanti yang merupakan hulu Sungai Citarum.

WH Hoogland pada tulisannya di Majalah Mooi Bandoeng (1937) menyatakan bahwa Nyi Kentring Manik adalah dewi penguasa air Sungai Citarum.

BACA JUGA:Bunga Anak Umur 12 Tahun Hamil 8 Bulan Viral di TikTok, Bikin Netizen Penasaran

BACA JUGA:Sosok Kang Alam Bapaknya Norma Risma yang Viral, Dikenal Penyabar, Kini Menghilang

Sebagian pendudik Bandung meyakini, sosok Nyi Kentring Manik dikebumikan di sebuah kompleks makam keramat di kawasan Buniwangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: