FK UGJ Gelar Donor Darah dan Tenda Tensi

FK UGJ Gelar Donor Darah dan Tenda Tensi

DONOR DARAH: Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati (FK UGJ) Cirebon melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), bekerjasama dengan PMI Cabang Kota Cirebon menggelar Donor Darah dan Tenda Tensi, Minggu (15/1/2023).-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dalam rangka melaksanakan misi kemanusiaan, khususnya untuk masyarakat yang membutuhkan darah, Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung (FK UGJ) Cirebon menggelar donor darah nebula dan tenda tensi.

Acara mengambil tema; Life May Depend on Your Bag of Blood (LIMFOSIT) 2023, digelar Minggu (15/1/2023).
Ketua panitia Sizil Safir Fadila menjelaskan, donor darah dan tenda tensi melibatkan FK, BEM (badan eksekutif mahasiswa) FK UGJ dan PMI Cabang Cirebon. Selain itu, kata Sizil, dalam rangka menjaring yang ingin mendonorkan darah, panitia membagikan brosur kepada masyarakat di Kompleks Stadion Bima.

"Panitia menargetkan sebanyak  100 labu darah," tandasnya.
Sizil menjelaskan, donor darah ini sebenarnya bertujuan membantu PMI memenuhi stok darah. Apalagi pasca libur panjang, stok darah di PMI sempat menipis. "Ini bagian dari BEM FK UGJ membantu kebutuhan darah di Kota Cirebon. Persiapan panitia selama 1,5 bulan," ujarnya.

Presiden BEM FK UGJ Cirebon, Robiatul Adawiyah menambahkan, kegiatan donor darah ini bagian dari program kerja pihaknya. Donor darah menggandeng PMI Cabang Kota Cirebon. Harapannya, bisa membantu PMI dalam pemenuhan kebutuhan darah.

BACA JUGA:WADUH! Gara-gara Tol Getaci, Ciamis dan Banjar Rebutan Exit Toll, Tasikmalaya Minta 3, Kumaha Atuh?

Selain itu, tenda tensi digelar dalam rangka melakukan pengecekan tekanan darah, kolesterol, serta asam urat. Tujuannya bisa mendeteksi dan melakukan screening sejak awal penyakit. Sehingga, pasca pemeriksaan, bisa langsung ditindaklanjuti.

"Agenda ini rutin setiap tiga bulan sekali digelar," ujarnya.
Selain kegiatan donor darah nebula dan tenda tensi, dalam waktu dekat BEM menggelar berbagai kegiatan. Mulai dari desa binaan, dan MAU (medical adventure UGJ). MAU ini memberikan kesempatan siswa-siswi SMA wilayah III Cirebon, sehari menjadi mahasiswa FK UGJ. Siswa bisa merasakan pembelajaran di FK, laboratorium, Skill Lab.

"Kami ingin memberikan pengalaman, setidaknya siswa-siswi SMA bisa merasakan sehari menjadi mahasiswa FK UGJ Cirebon," tandasnya.

Rencananya, untuk MAU digelar pertengahan Februari 2023. Target 200 siswa SMA, dan panitia menyediakan doorprize.  

BACA JUGA:Happy Asmara Sakit Sampai Jalani Operasi, Perhatikan Pesan Menyentuh yang Dia Tulis

Wakil Dekan III, Dr Fariz Malvi Zam Zam Zein SpPD mengapresiasi BEM dan PMI, tetap bersama-sama dalam kegiatan kemanusiaan. “Terima kasih mahasiswa yang terus melakukan kegiatan positif. Sebagai mahasiswa FK, intinya, bagaimana caranya memeroleh ilmu dan mengaplikasikan dalam bidang kesehatan.

Berbicara darah, kita ingin berkolaborasi dengan PMI. Manfaat darah tidak hanya orang yang butuh darah, tapi juga bermanfaat bagi pendonor.  

BACA JUGA:Kuat Ma'ruf Dituntut Hukuman 8 Tahun Penjara, Simak Kalimat Jaksa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: