Ada Tol Getaci, Cirebon - Pangandaran Terasa Dekat, Begini Rute Perjalanannya, Bisa PP Loh!

Ada Tol Getaci, Cirebon - Pangandaran Terasa Dekat, Begini Rute Perjalanannya, Bisa PP Loh!

Tol Getaci tetap dibangun dengan perubahan skema menjadi prakarsa pemerintah.-Kementerian PUPR-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Ada Jalan Tol Getaci perjalanan Cirebon ke Pantai Pangandaran atau Tasikmalaya terasa lebih dekat, karena waktu tempuh yang singkat bahkan bisa setengah dari durasi perjalanan saat ini.

Tol Getaci atau Tol Gedebage Tasikmalaya Cilacap Tahap I diproyeksikan selesai pada tahun 2024 dan saat ini dalam proses pembebasan lahan untuk selanjutnya masuk ke konstruksi.

Nantinya, Jalan Tol Getaci akan dibangun mulai dari Junction Gedebage sampai ke Simpang Susun Tasikmalaya, dilanjutkan ke Ciamis, Pangandaran hingga ke Cilacap.

Namun untuk Tahap I yang sedang berjalanan, rencananya baru dituntaskan sampai ke Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

BACA JUGA:INFO TERBARU! Tol Getaci Ada 10 Exit Tol, Harga Tanah Naik, Investor Langsung Melirik

Karenanya, bila menempuh perjalanan dari Cirebon ke Pangandaran, tentu sementara ini baru bisa sampai ke Tasikmalaya.

Tetapi durasi perjalanan tentunya akan jauh lebih singkat dan bisa PP alias pulang pergi, ketimbang menggunakan jalan umum via Cikijing lalu ke Ciamis dan Pangandaran, karena bisa memakan waktu sampai 5 jam lebih.

Padahal, jarak antara Pangandaran ke Cirebon hanya 106 kilometer saja, atau bila kecepatan rata-rata 100 kilometer per jam, harusnya bisa ditempuh 1 jam saja atau mungkin lebih sedikit.

Begitu juga perjalanan dari Cirebon ke Tasikmalaya yang jaraknya juga kurang lebih 100-an kilometer. Saat ini harus ditempuh dengan waktu sekitar 4 jam.

BACA JUGA:Keluarga Wout Weghorst Ternyata Bos Pom Bensin, Pilih Jadi Pemain MU

Dengan melintasi Tol Getaci, perjalanan dari Cirebon ke Pangandaran, Ciamis atau Tasikmalaya memang memutar karena harus melewati Bandung lebih dulu.

Tetapi, dengan jalan bebas hambatan tentu saja perjalanan tersebut membutuhkan waktu yang lebih singkat karena faktor kecepatan yang konstan dan minim hambatan.

Sebagai simulasi, perjalanan dari Cirebon ke Tasikmalaya atau Pangandaran nantinya bisa ditempuh menggunakan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) lalu bergabung ke Tol Cisumdawu atau Cileunyi Sumedang Dawuan.

Perjalanan dilanjutkan ke Tol Padaleunyi atau Padalarang - Cileunyi dan bergabung ke Tol Getaci via Junction Gedebage.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: