Komisi I Dorong Disdukcapil Maksimalkan Adminduk Digital

Komisi I Dorong Disdukcapil Maksimalkan Adminduk Digital

HARUS MAKSIMAL: Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon Sofwan ST mendorong Disdukcapil Kabupaten Cirebon untuk memaksimalkan adminduk digital.--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Administrasi kependudukan di Kabupaten Cirebon sedang dipermudah. Kepemilikan bisa melalui digital.

Karenanya,  Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon mendorong, agar administrasi kependudukan (adminduk) digital bisa dimaksimalkan.

“Kita dorong, Disdukcapil bisa bekerja ekstra untuk menuntaskan adminduk yang kerap kali dikeluhkan masyarakat terkait pelayanannya, terutama KTP,” kata Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, Sofwan ST usai rapat kerja bersama Disdukcapil Kabupaten Cirebon, kemarin.

Itulah yang menjadi alasan, salah satunya, untuk mengatasi persoalan blangko KTP, mengingat kebutuhan blangko KTP di Kabupaten Cirebon selalu kekurangan.

BACA JUGA:Gampang dan Simpel! Cara Dapat Saldo DANA Gratis, Dengan Cepat No Tipu!

Menurutnya, migrasi adminduk ini, sudah menjadi intruksi dari pusat. Sehingga diharapkan ketika sudah berjalan, tutur Opang--sapaan akrabnya bisa mengurangi pelayanan dasar.

Selain itu, pihaknya pun sudah merapatkan terkait support anggaran serta SDM. Anggaran itu, berkaitan dengan mesin, termasuk kebutuhan listrik dimasing-masing kecamatan.

Karena migrasi ke adminduk digital ini, bukan berarti tidak membutuhkan itu. Itu hanya mengurangi penggunaan e-KTP. Artinya, e-KTP ini nantinya tetap ada. Blangko e-KTP masih tetap dibutuhkan. Hanya peruntukannya berbeda.

“E-KTP itu tetap harus ada. Diperuntukan bagi mereka yang nanti bikin baru. Yang sudah punya, kemudian ganti KTP karena perubahan status, hilang itu dialihkan untuk beigrasi ke e-digital,” tuturnya.
Di tahun ini, pemkab sudah menganggarkan untuk keperluan hibah ke kementerian. Totalnya, sebesar Rp2 miliar.

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Sudah Sampai Mana, Kok Menteri Basuki Bilang Selesai Bulan Depan? Cek di Sini

“Hibah itu untuk memenuhi kebutuhan blangko. Karena blangko itu kan bukan kita yang nyetak. Tapi kementerian. Dan itu sudah dilakukan oleh daerah lain,” imbuhnya.

Pihaknya bersama bupati Cirebon pun sudah mengagendakan untuk melakukan kunjungan ke Kemendagri. “Sudah kita rencanakan. Sedang meminta waktu. Kepentingannya terkait itu (hibah, red),” pungkasnya.

BACA JUGA:Siapkan Dompet Kalian! Free Fire X Devil May Cry 5 Akan Hadir di Februari Nanti!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: