Yuk Kenalan dengan Tol Terpanjang di Indonesia, Tol Getaci!

Yuk Kenalan dengan Tol Terpanjang di Indonesia, Tol Getaci!

Pembangunan jalan tol Getaci--

BANDUNG, RADARCIREBON.COM Tol Getaci digadang-gadang akan menjadi akses jalan Tol Terpanjang yang ada di Indonesia. Dimana Tol ini akan menyambungkan dua Provinsi sekaligus.

Dua provinsi yang akan dihubungkan itu  sendiri adalah Jawa Barat dan juga Jawa Tengah. Dimana nantinya Tol Getaci ini akan membentang hingga kurang lebih 200 Kilometer di wilayah Selatan Jawa Barat.

Saking panjangnya, Jalan Tol ini bisa menghubungkan akses Bandung-Cilacap dan juga menguatkan koneksi wilayah Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran hingga Banjar.

BACA JUGA:Jawa Barat Terbaik Turunkan Kemiskinan, Dinas Sosial Kawal Program APBD, APBN dan Mitra

Biasanya, perjalanan normal dari Bandung hingga Tasikmalaya, butuh waktu perjalanan hingga 4 jam karena kondisi lalu lintas dan juga hambatan lainnya.

Tapi, dengan adanya Tol Getaci ini membuat warga wilayah selatan Jawa Barat, bahkan Bupati Tasikmalaya meminta untuk dibuatkan akses hingga 3 exit tol.

Ketiga Exit tol atau gerbang tol tersebut, diantaranya adalah Ciawi, Singaparna dan Kawalu. Kota Banjar juga meminta Exit Tol yang akan diadakan pada wilayah kota dan kabupaten Ciamis, yaitu Pamarican.

BACA JUGA:Keren Nih! Jawa Barat Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan

Projek Tol Getaci ini sendiri akan dikerjakan secara bertahap dari Tahap I dan Tahap 2. Dimana Tahap I ditujukan untuk Seksi I dan II, sedangkan Tahap 2 ditujukan untuk Seksi III dan IV.

Proses pembangunan tahap 1 sendiri direncanakan akan selesai atau rampung pada tahun 2024 mendatang. Sedangkan tahap 2 akan dimulai pada tahun 2027 dan ditargetkan untuk rampung pada tahun 2029.

Meski belum diketahui secara rinci kembali, tapi setidaknya ada beberapa gambaran lokasi berdasarkan rest area dan juga pintu keluar jalan Tol.

BACA JUGA:Cirebon Bandung Via Tol Cisumdawu Berapa Jam? Bandingkan dengan Sebelumnya

10 Lokasi Exit Tol Getaci:

  1. Gerbang Tol Majalaya dan Simpang Susun Majalaya berlokasi di Kecamatan (Kec) Solokan Jeruk. Gerbang tol ini langsung terkoneksi ke jalan Raya Majalaya – Cicalengka, Kec. Paseh.
  2. Gerbang Tol Nagreg dan Simpang Susun Nagreg berlokasi di Kec. Nagreg terkoneksi ke jalan Raya Cicalengka – Nagreg, Kec. Nagreg.
  3. Gerbang Tol Garut Utara dan simpang susun Garut Utara berlokasi di Kec. Banyuresmi terkoneksi ke Kec. Banyuresmi.
  4. Gerbang Tol Garut Selatan dan simpang susun Garut Selatan berlokasi di Kec. Cilawu, terkoneksi ke Jalan Raya Garut – Tasikmalaya, Kec. Cilawu.
  5. Gerbang tol Singaparna dan simpang susun Singaparna berlokasi di Kec. Singaparna terkoneksi ke Jalan Raya Cigalontang – Jalan Raya Barat, Kec. Singaparna.
  6. Gerbang Tol Ciamis dan simpang susun Ciamis berlokasi di Kec. Ciamis terkoneksi ke Jalan Lingkar Selatan Ciamis, Kec. Ciamis.
  7. Gerbang Tol Kalipucang dan simpang susun Patimuan berlokasi di Kec. Patimuan terkoneksi ke Jalan Pancimas, Kec. Patimuan.
  8. Gerbang Tol Banjar dan Simpang Susun Banjar berlokasi di Kec. Pamarican terkoneksi ke Jalan Raya Banjar – Pangandaran, Kec. Pamarican.
  9. Gerbang Tol Tasikmalaya dan simpang susun Kota Tasikmalaya berlokasi di Kec. Kawalu, terkoneksi ke Jalan Gubernur Sewaka, Kec. Mangkubumi.
  10. Gerbang Tol Cilacap dan simpang susun Cilacap berlokasi di Kec. Jeruk Legi terkoneksi ke Jalan Raya Tegal – Cilacap, Kec. Jeruk Legi.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Tetap Fatsun ke Partai Golkar, Siap Menangkan Airlangga di Pilpres 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: