Ingin Sehat, Begini Caranya

Ingin Sehat, Begini Caranya

Dr Fariz Malvi Zam Zam Zein SpPD Wakil Dekan I FK UGJ Cirebon.-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Masyarakat ingin memiliki tubuh yang sehat, tapi justru keinginan untuk sehat tapi tidak diimbangi dengan cara hidup yang sehat. Lalu bagaimana cara hidup sehat,  sehingga terhindar dari penyakit. Sebenarnya memiliki badan yang  sehat tidak harus mengeluarkan biaya mahal, tapi untuk menjadi sehat bangak cara dengan yang murah tapi tetap sehat.

Maka dari itu, menjadi sehat maka pentingnya mengatur cara hidup sehat. Cukup berolah raga jalan kaki, setidaknya 30 menit setiap hari sudah cukup menjadikan badan sehat. Tapi menjadi sehat dengan berjalan kaki tentu saja tidak  cukup sehari,  akan tetapi sepekan setidaknya 5 kali.

Selain mudah, jalan kaki relatif zero cost atau tanpa biaya. Begitu juga lokasi untuk digunakan jogging atau jalan kaki bisa dimana saja. Ahli penyakit dalam, dr Fariz Malvi Zam zam Zein SpPD menjelaskan, Silent kiler atau pengangkut pembunuh secara diam diam hingga saat ini masih didominasi yang pertama adalah  penyakit jantung dan pembuluh darah, kemudian penyakit kemudian stroke dan kanker.

Penyakit ini, kata Fariz, adalah Persoalan berkaitan dengan screening pemeriksaan tekanan  darah, gula darah. Jadi bisa dicegah sejak dini dengan melakukan pemeriksaan kesehatan mulai dari tekanan darah, cek gula darah. Jadi penyakit  jantung stroke kanker , darah tinggi sebenarnya dicegah. Pencegahan penyakit ini Tentu saja kaitannya kerangka hidup sehat.

BACA JUGA:Mengenal Lebah Madu Klanceng Trigona yang Bisa Bikin Cuan Semanis Madu, Lalu Zonk Pasca PT MBM Pailit

BACA JUGA:Menolak Perpanjangan Masa Jabtan Kepala Desa, PERMAHI: Bukan Hal Urgent

Seperti Praktisi kesehatan kampanye hidup sehat melalui GerMas, pola hidup sehat, pola makan, aktifitas, makan kalau dulu empat sehat lima sempurna kalau sekarang gizi seimbang. Seperti karbohidrat dikurangi dari selama ini dikonsumsi, vitamin,  mineral, buah buahan serta Sayuran. Selain itu, kata pria yang menjabat wakil dekan III Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati (FK UGJ) Cirebon, adalah aktifitas fisik berupa olah raga,  disarankan 5 kali seminggu.

Jalan cepat  sebenarnya termasuk membantu tubuh menjadi sehat. "Jalan cepat sepekan 5 kali, dan sehari cukup 30 menit," kata Fariz. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Cirebon ini menekankan olah raga sebenarnya yang penting kontinu, yakni setengah jam per hari. Kalau ada kebutuhan lain, bisa saja Renang juga baik dan dianjurkan. "Jalan cepat  itu termasuk zero cost," tandasnya.

Pihaknya juga menekankan pentingnya Memanage quality of life yakni mengelola kesehatan dengan baik. Fariz bahkan mengingatkan bahwasannya Seseorang yang stres berkepanjangan,  itu bagian dari resiko terhadap kesehatan fisik.

"Stres berkepanjangan juga memiliki resiko terhadap kesehatan fisik, makanya kalau ingin sehat mesti rajin berolahraga raga, menjaga pola makan dan menghindari stres secar berlebihan," ujarnya. Fariz membeberkan, mahasiswa FK UGJ belum lama ini menggelar donor darah dan tenda tensi tujuannya melakjkam screening tensi dan gula darah, ketika ditemukan penyakit maka bisa segera ditangani, termasuk berolah raga.

BACA JUGA:Hukum Puasa Rajab Sunnah atau Bid'ah? Berikut Ini Penjelasan Para Ulama

BACA JUGA:Ini 2 Kunci Pendorong Keberhasilan Transformasi Digital BRI!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: