CUAN SEMANIS MADU, Budidaya Lebah Madu Klanceng Trigona Aman dan Gak Bakal Menyengat

CUAN SEMANIS MADU, Budidaya Lebah Madu Klanceng Trigona Aman dan Gak Bakal Menyengat

CUAN SEMANIS MADU, Budidaya Lebah Madu Klanceng Trigona Aman dan Gak Bakal Menyengat-ist/Tokopedia-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, bisnis madu lebah klanceng trigona juga memiliki peluang yang besar.

Hal ini pastinya membuat kalian penasaran bagaimana peluang bisnis lebah madu klanceng trigona ini? Berikut adalah kesempatan yang bisa kalian dapatkan dari berternak lebah ini.

Harga madu ini terbilang cukup mahal di pasaran karena hasil produksi dari lebahnya sendiri tidak terlalu banyak.

Dan peluan dari bisnis budidaya lebah madu ini juga masih sangat luas karena selain mudah diternak, madu yagn dihasilkan dari lebah jenis ini juga tidak akan kadaluwarsa. 

BACA JUGA:Geger Pembunuhan Berencana di Ciledug, Diluruskan Kapolresta Cirebon: Sebenarnya Percobaan Pencuriaan

Kalian bisa mempertimbangkan untuk memulai bisnis lebah madu Trigona. Trigona adalah salah satu genus lebah tanpa sengat terbesar.

Dan yang membuatnya spesial dari madu lebah lain adalah selama belasan tahun, harganya belum pernah turun dan memiliki banyak peminatnya.

Cara hidup lebah ini tidak hanya bergantung pada pollen bung seperti lebah madu lainnya. Daric ara hidup yang unik ini, lebah Trigona dapat dikembangbiakan dimana saja dan relatif mudah. 

Selain dari pada itu, lebah klanceng trigona juga tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah perkotaan yang memiliki sumber resin atau getah dari jenis pohon tertentu.

BACA JUGA:Hak Jawab PT MBM Mengenai Pemberitaan 'PT MBM Mengakui Uang Ratusan Miliar Ternak Lebah Klanceng Dibawa Kabur'

Resin diperlukan untuk menghasilkan propolis pada sarangnya. Pohon jenis Aghatis spp, merupakan salah satu sumber resin primadona karena dapat memproduksinya dalam jumlah yang sangat besar dibanding jenis pohon lainnya.

Madu dari lebah trigona memiliki banyak keunggulan, antara lain adalah memiliki asam organis, zat fitokimia dan asam glukonat yang lebih banyak dibandingkan madu lebah apis pada umumnya sehingga dipercaya lebih berkhasiat.

Selain itu, lebah jenis ini menghasilkan propolis dan pollen dengan jumlah yang jauh lebih besar, karena manfaat darinya sangat besar sehingga nilai jual yang ada pada propolis dan pollen ini cukup tinggi.

Bahkan sarang, pot madu, dan pot pollennya adalah raw propolis yang memiliki harga cukup menjanjikan di pasarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: