5 Cara Mengobati Cantengan yang Sudah Bengkak Secara Mudah dan Efektif

5 Cara Mengobati Cantengan yang Sudah Bengkak Secara Mudah dan Efektif

5 Cara Mengobati Cantengan yang Sudah Bengkak Secara Mudah dan Efektif-ist/Hallodoc-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM – Untuk kalian yang sedang mengalami cantengan, jangan dibiarkan. Yuk! Simak cara mengobati cantengan yang sudah bengkak berikut ini.

Cantengan adalah tumbuhnya salah satu sisi kuku atau ujung kuku ke dalam daging di area kuku. Kondisi ini diikuti dengan rasa  nyeri, bengkak, dan kemerahan di area kuku.

Biasanya cantengan ini dialami pada kuku pada bagian ibu jari kaki. Hal ini disebabkan adanya infeksi bakteri dan jamur yang berkembang di bawah kulit.

Infeksi dapat terjadi ketika kulit di sekitar kuku rusah dan terbuka. Dengan kondisi kulit yang terluka, bakteri dapat lebih mudah masuk.

BACA JUGA:Hati-Hati! Makan Kacang Sambil Nonton Televisi, Gejala Terbesar Asam Urat

Umumnya, cantengan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun saat nyeri cantengan terasa parah atau menyebar biasanya dokter akan mengambil langkah untuk membantu dalam meringankannya.

Tindakan medis juga dilakukan sekaligus mencegah komplikasi dari pertumbuhan kuku ke dalam.

Tapi bila tidak dirawat dengan benar dan menyepelekan hal tersebut, cantengan dapat menjadi kondisi yang parah dan membengkak.

Untuk itu, ada beberapa cara mengoobat cantengan yang sudah bengkak, berikut ini adalah tips yang bisa kalian lakukan.

BACA JUGA:Mau Tahu Rahasia Berumur Panjang, Agar Bisa Lebih Lama dengan Orang Terkasih

1. Merendam kuku dengan air hangat dan garam

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah merendamkan bagian yang cantengan ke dalam ar hangat yang dilarutkan garam di dalamnya.

Cara ini terbilang efektif mengurangi rasa nyeri pada kuku yang mengalami cantengan sekaligus membunuh bakteri yang menempel.

Untuk melakukannya kalian memerlukan air hangat sudah ditambahkan dengan garam, lalu meletakan bagian yang cantengan ke dalam air tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: