Kiat Sukses Budidaya Lebah Klanceng dari Pemilik Imah Teuweul Kuningan, Masih Bisa Cuan

Kiat Sukses Budidaya Lebah Klanceng dari Pemilik Imah Teuweul Kuningan, Masih Bisa Cuan

Pemilik Imah Teuweul Kuningan, Amar Thohir berbagi kiat sukses budidaya lebah klanceng. Foto:-M Taufik-Radarkuningan.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM -- Kiat sukses budidaya lebah klanceng berikut ini dijelaskan oleh pemilik Imah Teuweul Kuningan, Amar Thohir.

Amar Thohir merupakan praktisi budidaya lebah klanceng sekaligus pengusaha madu dari Imah Teuweul di Kabupaten Kuningan.

Kali ini dia berbagi kiat sukses budidaya lebah klanceng sekaligus bisnis madunya secara mandiri.

Amar Thohir mengajak para peternak madu yang terpuruk setelah mengikuti model bisnis atau investasi madu klanceng untuk bangkit bersama-sama.

Dia mengatakan, masih ada peluang yang sangat besar untuk bisa sukses melakukan budidaya dan bisnis madu lebah klanceng secara mandiri.

BACA JUGA:PARAH! Pria Ngaku Menemukan Bayi Padahal Anak Sendiri dengan Selingkuhan, Berakhir di Penjara

Hanya saja, menurut dia, peternak lebah klanceng harus sabar, telaten, ulet dan pantang menyerah. Menurut dia, keuntungan dari bisnis madu klanceng masih bisa didapatkan meski dijalankan secara mandiri.

Dia juga menyebutkan, bahwa pasar madu klanceng masih cukup besar. Selain di dalam negeri, peternak lebah klanceng juga bisa memasarkan madu ke luar negeri.

"Jangan menyerah dan terus semangat menjalankan bisnis madu klanceng, karena kita masih bisa menjalankannya secara mandiri," kata Amar Thohir dikutip dari Radarkuningan.com.

Tidak usah pusing mencari ke mana harus menjual madu yang dihasilkan, karena selain kita bisa jual sendiri kita juga bisa ekspor ke luar negeri," imbuhnya.

Amar Thohir mengakui, ternak lebah klanceng memang lebih mudah untuk dijalani ketimbang jenis lebah lainnya. 

BACA JUGA:Komeng Mau Jadi Wakil Rakyat, Dibenarkan KPU Jawa Barat

BACA JUGA:MotoGP 2023, Johan Zarco dan Jorge Martin Siap Jadi Kuda Hitam

Antara lain karena lebah klanceng tidak memiliki jarum penyengat yang dianggap berbahaya oleh pemula. Namun demikian, ada sejumlah hal yang perlu perhatian khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: