Observatorium Bosscha Berusia 100 Tahun, Ridwan Kamil: Siap Dilestarikan

Observatorium Bosscha Berusia 100 Tahun, Ridwan Kamil: Siap Dilestarikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri Acara Peringatan 100 Tahun Observatorium Bosscha di Observatorium Bosscha, Kabupaten Bandung Barat, Senin 30 Januari 2023-Biro Adpim Jabar-

BANDUNG BARAT, RADARCIREBON.COM - Gubernur Ridwan Kamil menyatakan komitmennya untuk menjaga Observatorium Bosscha yang kini berusia 100 tahun. 

Menurut Ridwan Kamil, sebagai institusi pendidikan observatorium di Lembang, Kabupaten Bandung Barat telah banyak memberikan kontribusi pengetahuan keastronomian, tidak hanya di Indonesia dan Asia tapi juga di dunia. 

BACA JUGA:DORRR! Menkes India Ditembak dari Jarak Dekat, Pelakunya Ternyata..

Bosscha istimewa karena berada di daerah ekuator yang bisa melihat belahan langit utara (northern hemisphere) maupun belahan langit selatan (southern hemisphere). 

Maka, observatorium ini harus dilindungi dari segala macam gangguan termasuk polusi cahaya yang dapat mengurangi akurasi alat pengamatan.

BACA JUGA:7 Tahun Berdiri, JD.ID Tutup Layanan

Oleh Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Observatorium Bosscha telah ditetapkan menjadi bangunan cagar budaya. 

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, menurut Gubernur, akan menguatkan dan memperluas menjadi kawasan cagar budaya agar lebih terlindungi. 

BACA JUGA:Belanja Untung, Dapat Cashback dari Alfagift

"Sedang persiapan menjadi (kawasan) cagar budaya supaya nanti kawasan ini bisa dilestarikan," ujar Ridwan Kamil pada acara Peringatan 100 Tahun Observatorium Bosscha di Observatorium Bosscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin 30 Januari 2023.

Tak lupa Gubernur memberikan ucapan selamat kepada insan astronomi Indonesia atas satu abad Bosscha. 

BACA JUGA:AMPUN! Pedagang Oleh-oleh di Cadas Pangeran Mulai Mengeluh, Makin Sepi Pasca Tol Cisumdawu Beroperasi

"Mewakili masyarakat Indonesia yang diwakili oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kami berbahagia bisa menghadiri sebuah peristiwa bersejarah 100 tahun Observatorium Bosscha," kata Ridwan Kamil. 

Sejarah Bosscha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase