Tata Cara, Doa, dan Waktu Sholat Tasbih, Lakukan Amalan Ini Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Tata Cara, Doa, dan Waktu Sholat Tasbih, Lakukan Amalan Ini Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Sholat qhasar-ist/Tribun Makassar-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Sholat tasbih adalah sholat sunnah yang dilakukan sebanyak empat rakaat dan berisi bacaan tasbih sebanyak 75 kali pada setiap rakaatnya.

Para ulama mengatakan pendapat yang berbeda tentang hukum sholat tasbih, seperti dengan pendapat mereka tentang hadist sholat tasbih.

Sejumlah ulama seperti guru al bukharu ibu Mubarok, ad Daraquthny,al Khotib al Baghdadi, al Hakim, al Hafidz, Ibnu Hajar al Asqalany, dan al Albany yang berpendapat hukum sholat tasbih adalah sunnah .

Dalam hadits riwayat, dari Ibnu Abbas ra,

"Rasullah SAW berkata kepada Abbas bin Abdil Muntholib: Wahai Abbas wahai pamanku, maukah engkau aku beri suatu pemberian, aku berikan suatu anugrah, aku berikan. 

BACA JUGA:Sering Dikaitkan dengan Hal Mistis, Ternyata Ini Tanda Telinga Berdenging Menurut Pandangan Islam

Maukah engkau melakukan 10 hal yang jika engkau lakukan itu, Allah akan mengampuni dosamu yang sejak awal hingga akhir, yang lama maupun yang baru, ketidaksengajaan maupun sengaja, yang kecil maupun yang besar, yang tersembunyi maupun yang terang-terangan.

Sepuluh hal itu adalah engkau sholat 4 rakaat. Pada setiap rakaat membaca al-Fatihan dan surat. 

Jika engkau telah selesai dari membaca di awal rakaat, dalam keadaan berdiri, ucapkan 'subhanaallah walhamdulillah wa laa ilaaha illallahy wallaahu akbar' 15 kali.

Kemudian engkau rukuk dan mengucapkannya dalam rukuk 10 kali. Kemudian engkau bangkit dari rukuk, engkau ucapkan 10 kali. 

Kemudian turunlah menuju sujud. Dalam keadaan sujud, bacalah 10 kali. Kemudian bangkit dari sujud (sebelum berdiri), bacalah 10 kali.

Yang demikian sebanyak 75 kali dalam setiap rakaat. Engkau lakukan hal itu dalam setiap rakaat.

BACA JUGA:Awal Ramadan 2023 di Bulan Maret, Berikut Ini Doa Menyambut Bulan Suci dan Niat Puasa Ramadan

Jika engkau mampu melakukannya setiap hari sekali, lakukanlah. Jika tidak, maka setiap Jumat sekali. Jika tidak, setiap bulan sekali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: