5 Desa Wisata di Kuningan, dari Desa Subang ke Cibuntu, Ada Makam Raja Siau di Sangkanhurip

5 Desa Wisata di Kuningan, dari Desa Subang ke Cibuntu, Ada Makam Raja Siau di Sangkanhurip

Jalan Jacob Ponto di Sangkanhurip, salah satu desa wisata di Kuningan. Foto:-Agus Sugiarto-Radarkuningan.com

Dimana terdapat makam Raja Siau Sulawesi Utara yang diasingkan Belanda, Jacob Ponto. Bahkan nama Raja Siau ini diabadikan sebagai nama jalan di desa tersebut oleh Pemdes Sangkanhurip.

4. Desa Babakanmulya

Beberapa tahun lalu, nama Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana sempat melejit. Sebab di desa itu ada objek wisata Bumi Pelangi. Objek wisata yang sempat viral ini tepat berada di lereng Gunung Ciremai. 

Bumi Pelangi sendiri menawarkan keindahan pemandangan dari jarak yang sangat dekat. Dulunya desa ini penghasil galian C.

Banyak pengusaha dan warga membuka usaha galian C. Namun setelah adanya larangan penambangan galian C, pengembangan wisata ditempuh pihak pemdes.

5. Desa Cibuntu

Nama desa ini sudah terkenal ke seantaro Asean. Desa Wisata Cibuntu juga sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan, baik tingkat nasional maupun internasional.

Dulunya desa ini adalah tempat eksplorasi atau galian C. Lantaran masyarakat sadar dan didukung oleh berbagai pihak maka Desa Wisata Cibuntu bisa menjadi seperti saat ini.

Desa Cibuntu berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Desa Wisata yang menerapkan konsep Community Based Tourism (CBT) kedua di Indonesia. 

Selain itu juga pernah meraih sebagai desa wisata terbaik urutan kelima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: