Bayar Tol Tanpa Sentuh Berlaku Mulai Kapan? Begini Cara Kerjanya

Bayar Tol Tanpa Sentuh Berlaku Mulai Kapan? Begini Cara Kerjanya

Gerbang Tol Palimanan Cirebon. Ilustrasi foto: -bpjt.pu.go.id-

RADARCIREBON.COM -- Bayar tol tanpa sentuh adalah teknologi terbaru yang sedang dikembangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat alias PUPR. 

Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT membuat terobosan baru dengan sistem bayar tol tanpa sentuh bagi pengendara.

Bukan hanya tanpa sentuh, dengan sistem terbaru ini, pengguna jalan tol bahkan bisa melakukan pembayaran tanpa bukan kaca mobil, bahkan tanpa harus berhenti.   

Disebutkan bahwa, pemerintah akan mulai sistem pembayaran tol tanpa sentuh ini secara bertahap mulai pertengahan tahun ini.

Teknologi ini desebut dengan Multi Lane Free Flow (MLFF). Informasi terbaru mengenai hal ini diunggah di media sosial Instagram @pupr_bpjt.

BACA JUGA:Hyundai Lengkapi Kehadiran STARGAZER dengan Layanan After-Sales Terbaik

BACA JUGA:Jalan Baru di Kuningan Ancaran Tembus Kadugede, Lewat Sawah dan Perbukitan

"Pertengahan tahun ini Pemerintah bersama PT. Roatex Indonesia Toll System segera mengimplementasikan nih bayar tol tanpa sentuh lewat secara bertahap loh," demikian kalimat dalam keterangan unggahan video akun Instagram @pupr_bpjt. 

Bagaimana cara kerjanya?

Dikutip dari laman resmi BPJT, Sekretaris BPJT Triono Junoasmono pernah menjelaskan bahwa MLFF merupakan terobosan baru terkait layanan transaksi jalan tol.

Dengan teknologi ini, pengguna jalan tol dapat melakukan transaksi tanpa sentuh. Artinya proses pembayaran akan dilakukan secara otomatis lewat aplikasi smartphone. 

Nah, cara bayar tol tanpa sentuh ini pun menggunakan sistem berbasis server dengan teknologi yang disebut GNSS atau Global Navigation Satelit System.

BACA JUGA:NONTON YUK! Ada Kirab Budaya Cap Go Meh Cirebon Hari Minggu, Tapi Simak Pengalihan Lalu Lintas Berikut Ini

Lalu, bagaimana data kendaraan kita bisa dikenali ketika melintas di jalan tol? Data kendaraan ternyata dapat dikenali menggunakan satelit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: