Disnaker 2 Tahun Diisi Plt, Kok Bisa ?

Disnaker 2 Tahun Diisi Plt, Kok Bisa ?

KOSONG 2 TAHUN. Dinas Tenaga Kerja sejak 2 tahun belum memiliki kepala dinas definitif, selama dua tahun diisi oleh PLt hingga 6 orang.--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dinas Tenaga Kerja sebagai dinas teknis, ternyata sudah 2 tahun dibiarkan kosong, dan selama dua tahun itu juga diisi PLt. Bahkan yang menjabat sebagai Plt tercatat tidak kurang 6 nama yang mengisi kekosongan kepala dinas.

Catatan Radar, nama-nama hang mengisi kekosongan kepala disnaker selama 2 tahun itu mulai dari Agus Herdyana (kepala Bapelitbangda), Ripin Effendi (pensiun), Sumantho (asisten perekonomian dan pembangunan), Eli Haryati (staf ahli walikota), tri Helvian (sekretaris Disnaker) dan Agus Suherman (staf ahli walikota.

Dari dinas yang kosong jabatan tapi terlama diisi plt adalah Disnaker, hal ini disebabkan karena kadisnaker Abdullah  Syukur hingga saat ini perkara hukumnya belum inkrach dan kabarnya sedang proses kasasi. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs Agus Mulyadi MSi saat dikonfirmasi Radar membenarkan Dinas tenaga kerja adalah dinas terlama yang kosong karena tidak ada kepala dinas definitif.

BACA JUGA:Hobi Selfi, Inilah Handphone yang Punya Kualitas Kamera Terbaik Harga 3 Jutaan

BACA JUGA:Viral! Mobil Dinas DPRD Jambi Kecelakaan, Ada Wanita Tanpa Busana jadi Korban

Tercatat sudah sekitar 2 tahun kosong kepala dinasnya. "Iya benar, dinas terlama kosong tidak ada kepala dinasnya dan sampai hampir 2 tahun hanya diisi Plt," ujarnya. Karena sudah terlalu lama, kata Gus Mul, Rencananya  akan diisi, karena arahan walikota, jabatan kepala Disnaker akan diisi.

Hanya saja, terlebih dahulu akan ada uji Kompetensj  untuk esleon II. "sesuai arahan walikota akak diisi, tapi akan ada uji kompetensi terlebih dahulu," ujarnya. Rencananya akan uji kokletensi menunggu setelah satu tahun, karena Untuk uji kompetensi mesti menunggu setelah satu tahun masa kerja eselon II. Dan pertepatan satu tahun nantinya pada bulan Maret 2023.

"jadi terdekat setahun itu bulan maret. Siapa yang  diuji kompetensi untuk kadis naker akan diisi setelah Maret dan satu jabatan akan dikosongkan," kata Gus Mul. Hanya saja Gus belum bisa menjelaskan jabatan apa yang akan dikosongkan.

Namjn demikian, Gus Mul membeberkan tahun 2023 ini ada eselon III yang akan memasuki usia pensiun, tahun ini yang pensiun adalah asisten pemerintahan dan kesra Drs sutisna MSI akan pensiun per 1 mei, yati rohayati kepala Dinas Ketahanan pangan pertanian dan perikanan pada bulan juli dan Atang H Dahlan kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil pensiun bulan  oktober.

BACA JUGA:Arsenal Perpanjang Kontrak Gabriel Martinelli, Mikel Arteta: Kami Senang

BACA JUGA:Muhaimin Iskandar Minta Pemilihan Gubernur Minta Dihapus, Begini Alasannya

Sekda membeberkan, Plt Kepala Dinas yang selama ini dijabat di Disnaker SK nya berlaku 3 bulan,  dan bisa perpanjangan maksimal 2 kali, setelah itu diganti dengan nama yang lain. Kadisnaker definitif baru bisa diisi setelah Uji Kompetensi eselon II.

"Sudah mengajukan  proses ukom untuk bulan marer, belum lama ini  sempat mengajukan ke KASN tapi  ditolak karena belum satu tahun. Disnaker adalah SKPD terlama yang dijabat plt," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: