5 Hal yang Perlu Diketahui dari Sistem Bayar Tol Tanpa Sentuh, Anti Ribet Anti Macet

5 Hal yang Perlu Diketahui dari Sistem Bayar Tol Tanpa Sentuh, Anti Ribet Anti Macet

Uji coba bayar tol tanpa sentuh salah satunya di Ruas Tol Jakarta Cikampek. Foto:-Dokumen-Radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM -- 5 Hal yang perlu diketahui dari sistem bayar tol tanpa sentuh yang akan segera diberlakukan di Indonesia.

Uji coba sistem tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) ini akan dilaksanakan pada pertengahan tahun ini. Skitar Juni 2023.

Untuk diketahui, MLFF merupakan teknologi terbaru yang sedang dikembangkan Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol alias BPJT.

Cara pembayaran terbaru ini akan memanfaatkan teknologi digital dengan cara kerja memanfaatkan server dan satelit. Tujuannya tidak lain untuk memberikan sejumlah kemudahan kepada pengguna jalan tol.

Tidak hanya tanpa sentoh. Dengan sistem MLFF ini, pengendara yang melintas ke jalan tol bahkan tidak perlu berhenti dan membuka jendela mobil untuk melakukan pembayaran.

BACA JUGA:Balon Mata-mata China Ditembak Amerika, Joe Biden: Demi Keselamatan Rakyat Amerika

BACA JUGA:Anak Pejabat Bawa Mobil Dinas Bapaknya untuk Pacaran, Sial Kecelakaan, Bawa Cewek Tak Berbusana

Nah, artikel kali ini akan mengulas 5 hal yang perlu Anda ketahui terkait dengan sistem bayar tol tanpa sentuh ini. Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Tidak Ada Lagi Antrean di Gerbang Tol

Dikutip dari video informasi yang diunggah akukn Instagram resmi @pupr_bpjt, disebutkan bahwa, menghilangkan gerbang tol adalah salah satu hal yang akan dilakukan ketika MLFF diberlakukan.

Oleh karena itu, di ruas jalan tol yang menggunakan sistem bayar tanpa berhenti ini, tidak akan ada lagi antrean kendaraan atau kemacetan di gerbang tol.

BACA JUGA:Jumlah Kelompok Mekaar Menjadi Agen BRILink Terus Meningkat, Sinergitas Ekosistem Ultra Mikro Semakin Solid

2. Menggunakan satelit navigasi GNSS

Navigasi satelit navigasi yang disebut dengan GNSS ini diklaim BPJT sangat akurat membaca pergerakan kendaraan Anda ketika berada di jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: