Among-Among Paguyuban Plat R Meriah

Among-Among Paguyuban Plat R Meriah

Paguyuban Plat R-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Hiburan rakyat tampaknya menjadi pelepas dahaga masyarakat yang haus akan hiburan pasca pandemi covid 19. Among-among Kebudayaan  tradisional digelar Paguyuban Plat R (Cilacap, Banyumas, Purbalingga dan Banjarnegara), minggu (5/2/2023). 

Kelompok masyarakat dari Jawa Tengah khususnya dawilayah Banyumas dan sekitarnya melalui Paguyuban Plat R, khususnya mereka yang berada  se wilayah III Cirebon, menghadirkan kesenian khas dari wilayah yang biasa dikenal dialek "Ngapak".  Paguyuban Plat R menyelenggarakan among-among ke 3 di rumah Hj Fifi Sofiah atau biasa disapa Bunda Fifi ini menghadirkan ebeg dan langgar Pemuda Satria Budaya.

Dalam perayaan among-among tahun ini, Paguyuban Plat R se wilayah III Cirebon, hadir Rickie Ferdinansyah sebagai warga kehormatan Paguyuban Plat R wilayah Ciayumajakuning .

Ketua Paguyuban Plat R se Ciayumajakuning, Basuki menjelaskan, Paguyuban Plat R pada hari ini menggelar perayaan Among-Among. dalam pelaksanaannya among-among ini, kata Basuki,  menyajikan sejumlah kesenian tradisional diantaranya tarian lengger dan ebeg atau kuda lumping.

BACA JUGA:UPDATE Kasus Bank Emok Oknum Perangkat Desa Karang Baru Kuningan, Polisi hingga Camat Sudah Bergerak

BACA JUGA:Artugo Bandung-SIP Electronic Cirebon Perkuat Kerjasama, Gelar Gebyar Promosi

Menurut Basuki, Kesenian yang ditampikan pada hari ini, merupakan warisan budaya yang memang harus dipertahankan sebagai pengenalan ke masyarakat secara luas kesenian yang dimiliki oleh wilayah Banyumas dan sekitarnya.

"Alhamdulillah Acara ini  masyarakat sangat antusias melihat langsung, termasuk anggota paguyuban Plat R hadir dengan  jajanan tradisional khas daerah Plat R," ujarnya

Menurut Basuki,Kegiatan ini juga sebagai upaya pelestarian budaya dan diharapkan mampu memikat daya tarik bagi generasi muda untuk melanjutkan kebudayaan yang dimiliki oleh setiap daerah.

Jadi acara ini, lanjut Basuki,  selain untuk merekatkan perantau masyarakat Banyumas dan sekitarnya di wilayah III Cirebon, kami juga mengupayakan untuk memperkenalkan budaya kepada generasi muda. "Berharap nanti ada ketertarikan supaya budaya bisa memiliki nilai keberlanjutan serta memperkenalkan salam. ora ngapak ora kepenak, ngapak Seduluran selawase," tandasnya.

BACA JUGA:Kebakaran di Kabupaten Kuningan, Ijazah dan Uang Rp60 Juta di Dalam Rumah Ludes Terbakar

BACA JUGA:Tempat Sabung Ayam di Plumbon Cirebon Digerebek Polisi, 2 Ayam, 8 Sepeda Motor Diamankan

Rickie Ferdinansyah mengapresiasi dan bangga dirinya mendapatkan kehormatan sebagai warga kehormatan Paguyuban Plat R wilayah III Cirebon. Tentu saja ini menjadi wadah silaturahmi dirinya dengan warga Banyumasan di wilayah III Cirebon.

"Terima kasih sudah menjadi warga kehormatan Paguyuban Plat R wilayah III Cirebon," kata Rickie. Pihaknya mengakui selama ini sering membangun komunikasi dengan teman teman Plat R. "Masyarakatnya  khas, dan bisa cepat akrab," kata Rickie.

BACA JUGA:SIM Keliling Kabupaten Cirebon Pindah Tempat, Cek Jadwal dan Lokasinya di Sini

BACA JUGA:Nikita Mirzani Menikah Tahun Ini, Begini Rencananya dengan Antonio Dedola

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: