KULIAH GRATIS, Ini Dia Keunggulan Program KIP Kuliah 2023 Dibanding Bidikmisi

KULIAH GRATIS, Ini Dia Keunggulan Program KIP Kuliah 2023 Dibanding Bidikmisi

Kuliah gratis dan keunggulan KIP Kuliah 2023. Ilustrasi foto:-Hai Nguyen-pexels.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -- Kuliah gratis bisa dilakukan dengan memanfaatkan keunggulan program KIP Kuliah 2023.

Keunggulan KIP Kuliah 2023 ini bisa kamu manfaatkan jika tidak memiliki cukup biaya untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Kartu Indonesia Pintar alias KIP Kuliah 2023 ini telah dibuka pendaftarannya. Cara daftar dan persyaratan KIP Kuliah 2023 juga bisa kamu dapatkan dalama rtikel sebelumnya.

KIP Kuliah merupakan program unggulan dari pemerintah untuk membantu siswa yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Dengan demikian bisa menjalani kuliah gratis.

Namun demikian, program ini tidak bisa diakses oleh semua orang. Khusus untuk siswa yang unggul di bidang akademik dan memiliki keterbatasan ekonomi.

BACA JUGA:Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2023 dan Tanggal-tanggal Penting yang Harus Diingat Oleh Calon Peserta

Mengenai syarat keterbatasan ekonomi ini harus dibuktikan dengan adanya dokumen tertentu yang wajib disertakan pada saat melakukan pendaftaran secara online.

Nah, program KIP Kuliah 2023 memiliki sejumlah keunggulan yang perlu diketahui. Antara lain memiliki keunggulan tertentu jika dibandingkan dengan program Bidikmisi.

Untuk mengetahui keunggulan program KIP Kuliah 2023 simak beberapa hal berikut ini dikutip dari lama resmi Kemendikbud. 

  • Jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi yakni lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020. (bidikmisi 2019 130.000 beasiswa).
  • Lebih banyak memberi akses kepada Pendidikan vokasi.
  • Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.
  • KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kelompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi.
  • KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

BACA JUGA:Cara Daftar KIP Kuliah 2023, Bisa Kuliah Gratis dan Dapat Subsidi Biaya Hidup

BACA JUGA:Aplikasi Bayar Pajak di Kuningan, Seluruh Layanan dalam Satu Layar

Nah, perlu diketahui juga bahwa program dari pemerintah pusatn ini dapat diakses oleh siswa SMA/SMK dan sederajat yang lulus di tahun berjalan atau lulus 2 tahun sebelumnya.

Kemendikbud juga menjadikan kemampuan akademik yang bagus sebagai syarat utama di samping calon peserta juga harus berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi.

Tidak hanya itu, calon peserta program KIP Kuliah juga harus lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada Prodi dengan Akreditasi A atau B.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: