Kapan Harus Spooring Balancing? Ketahui Tanda-tandanya

Kapan Harus Spooring Balancing? Ketahui Tanda-tandanya

Simak informasi kapan mobil harus spooring dan balancing.-Ist-radarcirebon.com

Ketika kamu menyetir dalam kecepatan rendah, tiba-tiba setir bergerak sendiri ke kanan atau ke kiri. Atau setir mobil tidak bisa kembali ke tempat semula.

BACA JUGA:Tambah Aman dan Efisien, Suzuki Hadirkan S-Presso 2023 untuk Memberi Kepuasaan bagi Konsumen

Perhatikan juga posisi setir mobil, apakah sudut lurusnya sudah sesuai dengan sudut roda? Jika tidak, maka harus segera dilakukan wheel alignment agar kembali selaras.

Setir atau kemudi berhubungan langsung dengan roda, karena ketika setir digerakkan maka ban akan mengikuti arahnya. Jadi saat setir tidak searah dengan roda, berarti ada masalah dengan keseimbangan ban yang menyebabkan mobil jadi tidak stabil. 

4. Kaki-kaki Mobil Bermasalah

Kaki mobil merupakan komponen yang paling menentukan apakah mobil kamu bisa berjalan dengan stabil atau tidak. Posisi komponen terluar ini sangat penting karena langsung bersentuhan dengan tanah, jadi mudah untuk menjadi tidak stabil atau bergeser karena tekanan dari tanah atau jalanan.

Komponen kaki mobil yang bisa dicek seperti link stabilizer, karet support, shockbreaker, tierod, dan bushing arm. Seluruh komponen tersebut harus berfungsi secara baik seluruhnya, karena jika salah satunya rusak bisa menyebabkan kaki mobil tidak berfungsi.

BACA JUGA:Chery Resmi Umumkan Harga Pre-Booking untuk OMODA 5 Selama IIMS 2023

Jika sudah terlanjur rusak, maka kamu harus menggantinya terlebih dahulu baru dilakukan spooring. 

Untuk menghindari kerusakan parah, sebaiknya lakukan pengecekan kaki mobil paling tidak 3 bulan sekali. Kemudian lakukan perawatan spooring dan balancing minimal 1 tahun sekali agar kondisi kaki mobil tetap berada dalam kondisi yang bagus. 

Dengan kaki mobil yang baik, kamu akan dapat berkendara lebih nyaman. Jangan biarkan kaki mobil yang terasa bermasalah karena bisa menyebabkan masalah yang lebih parah lagi salah satunya memengaruhi keselamatan berkendara di jalan.

5. Ban Terlihat Botak

Tanda kapan harus spooring balancing lainnya adalah ban mobil yang tampak aus atau botak. Kalau sudah terlihat seperti ini, jangan tunda lagi untuk membawa ke bengkel untuk dilakukan spooring dan penggantian ban.

BACA JUGA:Kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Hyundai Sustainable

Pasalnya, ban yang sudah mulai aus atau botak tidak akan menghasilkan gerakan yang sesuai. Kamu bisa merasakan gerakan aneh saat menyetir mobil, umumnya kebotakan ini kerap terjadi pada ban bagian depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: