WARGA KUNINGAN Harus Tahu Maria Ulfah, Pahlawan Indonesia dan Anak Bupati Kuningan

WARGA KUNINGAN Harus Tahu Maria Ulfah, Pahlawan Indonesia dan Anak Bupati Kuningan

Maria Ulfah, pahlawan Indonesia anak Bupati Kuningan kelima. Foto: -profilbiografidia-

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Maria Ulfah salah satu pahlawan perempuan Indonesia yang terkemuka. Dialah perempuan Indonesia pertama yang menjabat menteri.

Bagi warga Kabupaten Kuningan, nama Maria Ulfah mungkin terasa asing. Tidak banyak yang mengenalnya. Padahal dia salah satu figur penting bangsa ini.

Nah, lewat artikel kali ini, mari kita menyelami sepak terjang pahlawan perempuan yang ikut dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia tersebut.

Maria Ulfah lahir di Serang, Banten pada 18 Agustus 1911 dari kalangan priayi Sunda. Ayahnya bernama Raden Mochamad Achmad sedangkan Ibunya berma Raden Ayu Chadidjah Djajadiningrat.

Nah, ayah dari Maria Ulfah adalah sosok Bupati Kuningan yang kelima. Menjabat di masa Hindia Belanda, sejak 24 Juni 1923 hingga 31 Agustus 1939.

BACA JUGA:4 Tokoh Nasional yang Bisa Bikin Warga Kuningan Bangga, dari Menteri Perempuan Pertama hingga Calon Presiden

Total, Raden Mochamad menjabat Bupati Kuningan selama 16 tahun. Meski demikian, Maria Ulfah tidak selama itu tinggal di Kuningan. 

Dia adalah sosok perempuan yang berpandangan maju. Masa remaja hingga tumbuh dewasa dia habiskan di negeri Belanda. 

Untuk apa Maria Ulfah ke Belanda? 

Pada awalnya, Maria ke Belanda mengikuti perjalanan sang ayah di tahun 1929. Ketika itu, Raden Mohamad ditugaskan untuk belajar koperasi selama 10 bulan.

Maria bersama adiknya ikut bersama sang ayah. Namun, saat ayah dan adiknya pulang ke Hindia Belanda, dia memilih untuk tetap tinggal.

BACA JUGA:Geger Penemuan Kerangka Manusia di Tasikmalaya, Korban Suka Bertapa, Keluarga Menduga Sempat ke Cirebon

Usianya ketika itu baru 18 tahun, Maria Ulfah kuliah hukum di Universitas Leiden. Dialah perempuan Indonesia pertama yang meraih gelar Meester in de Rechten (Mr.) alias sarjana hukum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: