SMK Ulil Albab Tuan Rumah Lomba TBSM

SMK Ulil Albab Tuan Rumah Lomba TBSM

TEORI: Peserta lomba dari SMK se- Wilayah III Cirebon mengikuti lomba Technical Skill Contestvocation High Cchool 2023 di SMK Ulil Albab, kemarin.-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar lomba Technical Skill Contestvocation High School 2023 di SMK Ulil Albab, Jalan Raya Kabarepan Desa Kasugengan Lor Kecamatan Depok, Kamis (23/2).
Lomba tentang Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) itu digelar selama 2 hari dengan melibatkan peserta dari SMK se-wilayah III Cirebon.

“Kontes yang digelar oleh AHM ini khusus jurusan TBSM yang diikuti oleh 18 sekolah di wilayah 3 Cirebon. Ada dari Kuningan, Majalengka, dan Indramayu. Kebetulan sekolah kami menjadi tempat uji kompetensi. Karena SMK Ulil Albab ini sudah dinilai oleh AHM mendapatkan Grade A plus,” kata Kepala Sekolah SMK Ulil Albab, Dr Hj Sri Rahayu, kemarin.

Menurut Hj Sri Rahayu, yang menjadikan SMK Ulil Albab ditunjukkan sebagai tempat uji kompetensi oleh AHM, karena sarana dan prasarana yang memadahi dan juga lengkap. Utamanya prasarana untuk menggelar ujian praktik. Ditambah lagi, mendapatkan penilaian Grade A+ dari AHM.

Sehingga, Hj Sri Rahayu yakin untuk beberapa tahun kedepan juga pelaksanaan tetap di SMK Ulil Albab. “Sekarang, baru tahun ini tempat uji kompetensinya di SMK Ulil Albab. Mudah-mudahan untuk tahun depannya juga tetap disini,” katanya.

BACA JUGA:Sri Mulyani Minta Rafael Alun Dipecat, Pejabat Dirjen Pajak Ayah Bang Jago, Mario Dandy Satriyo

BACA JUGA:SD Islam Al Azhar 3 Cirebon Pencetak Juara

Di tempat yang sama,  Wakil Kepala Sekolah Wakasek Ida Faridah menjelaskan, sebelumnya pada penyisihan pertama, ada 75 SMK Se-wilayah III Cirebon yang ikut dalam pendaftaran online.

Namun, kini tinggal 18 sekolah yang masuk dalam dalam babak penyisihan kedua dan ikut ujian yang digelar di SMK Ulil Albab. Dari 18 sekolah, diwakilkan oleh 2 siswa dan 1 guru yang ikut seleksi.

“18 SMK se-wilayah III Cirebon ini, diwakilkan oleh 2 siswa dan 1 guru. Ujian kompetensinya ada praktik dan ada yang teori, secara bergantian dan dilaksanakan selama 2 hari, pada hari Kamis dan Jumat,” ungkap Ida.

Pantauan di lapangan, peserta yang mengikuti tes ini, harus bisa mengerjakan sesuai dengan yang ditunjuk oleh penguji. Soalnya, berkaitan tentang sepeda motor, dari mulai kelistrikan, mesin, dan lainnya. Begitu juga teori, soal ujiannya tidak lepas dari tentang motor.

BACA JUGA:STMIK IKMI Cirebon Raih Penghargaan Gold Winner

BACA JUGA:Penerapan ESG Makin Diakui Dunia, BRI Raih 2 Penghargaan Internasional The Asset Triple A

Namun, apa yang diujikan untuk murid dan guru berbeda. “Kalau soal untuk guru, tentunya lebih sulit dari pada soal untuk siswa,” katanya.

Menurut Ida, siswa yang menjadi juara akan saat mencari kerja. Tidak akan sulit saat mendaftar kerja di AHM.
“Kalau sampai masuk 5 besar, nanti diujikan lagi ke tingkat provinsi. Kemudian dicari dua besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: