Tim Cath Lab RSD Gunung Jati Mendapatkan Pendampingan dari RS Jantung Harapan Kita

Tim Cath Lab RSD Gunung Jati Mendapatkan Pendampingan dari RS Jantung Harapan Kita

FOTO BERSAMA. Tim Cath Lab RSD Gunung Jati mulai dari dokter dan perawat berfoto bersama dengan tim dokter dan perawat dari RS Jantung Harapan Kita Jakarta seusai memberikan pendampingan.-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Perkembangan teknologi kedokteran membuat penanaman kepada pasien lebih efektif dengan menggunakan alat yang lebih canggih, yang terbaru di dunia kedokteran jantung adalah alat IVUS dan FFR. Alat tersebut mampu melihat langsung perlu tidaknya pasien jantung menggunakan ring atau cukup diobati.

Penerapan alat modern  tersebut, Instalasi Cath Lab RSD Gunung Jati Cirebon mendapatkan pendampingan dari tim dokter dari RS Jantung Harapan Kita Jakarta selama 2 hari ( Jumat-Sabtu, 24-25 Februari 2023). 

Kepala Instalasi Cath Lab  RSD Gunung Jati, Dr Yandi Ariffudin SpJP FIHA mengatakan, Hari ini adalah protocship yakni memberikan pendampingan untuk  melakukan  tindakan canggih  yang selama ini belum pernah kita lakukan yakni menggunakan alat IVUS ( Intravascular Ultra Sound) dan FFR (Fractional Flow Reserve)  di bidang Kardiovaskuler Intervensi.

Alat IVUS ini, kata Yandi,   alat sejenis  USG atau kamera yang dimasukkan kedalam sel pembuluh darah untuk melihat struktur pembuluh darah untuk memastikan ukuran range yang akan dimasukkan. Sedangkan alat FFR, lanjut Yandi, untuk melihat suatu penyempitan pembuluh darah pada jantung perlu dipasang range atau cukup pengobatan.

BACA JUGA:2 Tempat Wisata Kuningan yang Akan Dikunjungi Sandiaga Uno Besok, Cek Jadwal dan Agendanya

BACA JUGA:Orangtua yang Buang Bayi di Palimanan Sudah Ditangkap, Begini Penampakkannya

"jadi semacam  pendampingan dari tim dari RS Jantung Harapan Kita  dengan menggunakan  alat khusus kekinian," ujar Yandi. Seperti diketahui, kata Yandi, kita dirujuk sebagai RS  penanganan penyakit jantung provinsi jabar wilayah timur. 

Dan saat ini RSD Gunung Jati sudah ada dokternya. "Dari RS Jantung Harapan Kita sebanyak 2 dokter dan 2 perawat memberikan pendampingan," ujar Yandi. Bagi Yandi, Jumat dan Sabtu Tanggal 24-25 Februari 2023 . adalah hari bersejarah bagi RSD Gunung Jati Cirebon  karena ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan kardiovaskuler di Jawa Barat, karena telah mengadakan proctorship dibimbing dari tim dari RS Jantung Harapan  Kita tentang IVUS ( Intravascular Ultra Sound) dan FFR (Fractional Flow Reserve) di bidang Kardiovaskuler Intervensi.

"Merupakan mimpi besar bisa memiliki sebuah alat yang selama ini hanya ada di RS rujukan," kata Yandi. Yandi berharap Semoga bisa memberikan manfaat sebesar besarnya bagi masyarakat wilayah Cirebon dan sekitarnya.

BACA JUGA:Jadwal SIM dan Samsat Keliling Kabupaten Cirebon Hari Ini, Senin 27 Februari 2023

BACA JUGA:Persib Tantang Barito Putra, Dado yang Sudah Tidak Sabar Katakan Hal ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: