Menjelang Ramadan, Wagub Uu Cek Harga Sembako di Pasar Limbangan

Menjelang Ramadan, Wagub Uu Cek Harga Sembako di Pasar Limbangan

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melakukan cek harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadan di Pasar Modern Limbangan, Garut, Senin 27 Februari 2023.-Biro Adpim Jabar-

GARUT, RADARCIREBON.COM - Jelang Ramadan, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum cek harga sembako di Pasar Modern Limbangan, Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut, Senin 27 Februari 2023.

Selain cek harga, Wagub Uu juga menampung aspirasi pada pedagang pasar, yang menurut mereka ada penurunan permintaan dari konsumen untuk komoditas beras. Harga beras di pasaran saat ini masih relatif tinggi. 

BACA JUGA:Kebakaran Pabrik Busa di Cirebon, Api Belum Padam, Damkar 3 Daerah Dikerahkan

“Biasa pembelian masyarakat sehari sekitar 1 kuintal, sekarang jadi 500 (kilogram), menurun hampir setengahnya,” ujar Uu Ruzhanul Ulum. 

Selain beras, harga daging pun naik. Permintaan daging masyarakat pun menurun hampir setengahnya. 

Padahal jelang bulan puasa permintaan daging biasanya meningkat.

BACA JUGA:Suhu Udara Dingin, Jadi Tantangan Terberat Skuad Garuda di Piala Asia U-20

“Saya juga bertanya ke tukang daging, biasa habis sekian ton, sekarang hampir 60 persen (turun). Artinya, ada penurunan daya beli masyarakat,” kata Pak Uu.

Termasuk juga bahan atau bumbu makanan. "Ini menjelang Ramadan biasanya ada kenaikan permintaan, tapi sekarang malah menurun,” kata Pak Uu.

BACA JUGA:Cegah Penipuan, 3 Cara Mendeteksi Pelumas Asli atau Palsu

Menurut Uu, pihaknya akan berupaya menambah daya beli masyarakat sesuai arahan Presiden Joko Widodo. 

Hal yang akan dilakukan menjamin ketersediaan pangan terlebih dahulu, sebelum memastikan harga bahan pokok dapat lebih terjangkau oleh masyarakat.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Apresiasi Kinerja Asep Mulyana sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat

“Jadi jangan sampai (harga) terjangkau tapi barang tidak ada, atau barang ada tapi (harga) tidak terjangkau," papar Pak Uu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase