Ono : Amanat Sunan Gunung Jati Benteng Ketahanan NKRI

Ono :  Amanat Sunan Gunung Jati Benteng Ketahanan NKRI

SOSIALISASI. Anggota DPR RI Fraksi PDIP Ono Surono saat menggelar sosialisasi empat pilar di GOR Pegagan Lor, Kecamatan Kapetakan.-Samsul Huda-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Empat pilar kebangsaan pemersatu masyarakat Indonesia di tengah keberagaman. Maka, tak heran sosialisasi empat pilar massif dilakukan anggota DPR RI se Indonesia.

Demikian disampaikan Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ono Surono ST, saat menggelar sosialisasi empat pilar di GOR Pegagan Lor, Kecamatan Kapetakan, Senin (6/3).

Menurutnya, pancasila tidak sekadar dihafalkan, tapi harus menyatu dalam prikehidupan setiap warga negara. Maka, menjadi penting mengaplikasikan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat.

"Pancasila sudah disepakati sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Diharapkan bisa menjadi solusi atas persoalan rakyat," kata Ono.

BACA JUGA:Permudah Layanan, Korlantas Polri Keluarkan Buku Panduan Soal Ujian SIM

BACA JUGA:Bulan Ramadan Segera Datang, Inilah Syarat dan Niat Ibadah Puasa

Menurutnya, pancasila harus bisa dijadikan sebagai ideologi yang membumi. Yang bisa bergerak dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-sehari, ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Yang saat ini pancasila terus menerus diganggu.

"Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika menjadi kunci pedoman dalam membangun karakter bangsa," terangnya.

“Mari kita menjaga bangsa ini dengan selalu menjaga nilai-nilai kebangsaan. Gotong royong dan toleransi harus terus kita rawat dan pelihara di tengah masyarakat,” ungkapnya

Selain itu, kata Ono, Cirebon adalah tempat yang sesuai dengan ruh Bhineka Tunggal Ika, dibumikannya spirit nilai 4 pilar kebangsaan sejak dulu hingga sekarang.

BACA JUGA:Bukan Hanya Kemenag, KBIHU dan Pembimbing Harus Lakukan Ini Demi Suksesnya Pelaksanaan Ibadah Haji 2023

BACA JUGA:Shin Tae Yong Akan Tunjukkan Penampilan Terbaik di Laga Pamungkas Grup A Piala Asia U-20 2023

Sehingga, Cirebon sangat tepat sebagai tempat dilakukannya sosialisasi empat pilar. Mengingat, Syarif Hidayatulloh atau Sunan Gunung Jati juga berpesan agar menjaga atau menitipkan Tajug lan Fakir Miskin. Perihal makna tersebut juga, tertuang dalam UUD 1945 dan di dalam Pancasila.

"Ingsun titip tajug lan fakir miskin, kalimat yang sarat makna yang diwasiatkan oleh Sunan Gunung Jati, salah satu Walisongo yang menyebarkan agama Islam di Jawa Barat, khususnya daerah Cirebon, agar generasi berikutnya untuk tidak melupakan masjid dan fakir miskin," terangnya

Ono menjelaskan, kadar religiusitas sebuah daerah dapat terukur secara objektif, dengan memperhatikan tempat-tempat ibadah, juga penyediaan pelayanan publik di bidang sosial kemasyarakatan untuk warga merupakan ukuran nilai religiusitas itu sendiri.

Selain menitipkan tajug, Sunan Gunung Jati mengingatkan juga kepada fakir miskin. Pada dasarnya manusia ketika hidup di dunia, selain beribadah kepada Allah SWT juga sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. 

BACA JUGA:Kartu Prakerja Gelombang 49 Sudah Dibuka, Inilah Cara Mendaftarnya

BACA JUGA:Tiga Infrastruktur Pengendali Banjir Kabupaten Bandung Diresmikan Presiden Jokowi

"Tajug ini sesungguhnya memiliki misi menangkal Islam radikal atau trans-nasional, yang bertolak belakang dengan Pancasila yang menghargai keberagaman. Dan masyarakat tajug ini merupakan embrio basis dakwah Islam yang ramah, yang dibawakan oleh wali songo," paparnya

Dalam hal memperhatikan Fakir Miskin ini, Ono mencontohkan program-program kerakyatan dari Pemerintah yang menyentuh langsung ke penerima manfaat tersebut. Seperti halnya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dan sebagainya.

"Semangat persatuan, toleransi dan keberagaman dalam masyarakat Cirebon ini harus terus diperkuat, melalui nilai-nilai 4 pilar kebangsaan ini, sehingga amanat titip tajug lan fakir miskin merupakan Benteng Ketahanan NKRI," pungkasnya (sam)

BACA JUGA:Peringati Hari Jadi ke-541, Kabupaten Cirebon Gelar Event Ini..

BACA JUGA:Jalin Sinergitas, KPPN Cirebon Stakeholder Day

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: