Perlunya Seksi Perlindungan Anak Hingga Tingkat RT

Perlunya Seksi Perlindungan Anak Hingga Tingkat RT

HADIR. Ketua Umum LPAI Seto Mulyadi (Kak Seto) didampingi kepala DP3APPKB Kota Cirebon, Suwarso Budi Winarno disela sela menghadiri pelantikan pengurus LPAI Kota Cirebon.-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Perlindungan anak sangat penting, tidak hanya tingkat nasional, daerah, kecamatan dan kelurahan akan  tetapi di pengurus tingkat RT perlu dibentuk seksi perlindungan anak.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum  LPAI, Seto Mulyadi (Kak Seto) disela sela pelantikan pengurus dan anugrah lembaga perlindungan anak Indonesia (LPAI) Kota Cirebon, Kamis (9/3/2023) di Makodim 0614 Kota Cirebon.

Lebih jauh Kak Seto menjelaskan, kehadirannya pada hari ini menggelar pelantikan pengurus dan anugerah lembaga perlindungan anak Indonesia (LPAI) Kota Cirebon kota Cirebon periode 2023-2028. Dirinya menegaskan perlunya forum anak nasional untuk mendengarkan suara anak, wujudkan Cirebon layak anak.  Maka dari itu, lanjut Kak Seto, perlunya perlindungan terhadap anak, mulai keluarga layak anak, sekolah layak anak, kelurahan layak anak.

"Melindungi anak perlu orang sekampung, tidak hanya tugas orang tua saja," tandasnya. Maka dari itu, kata Kak Seto, perlunya seksi-seksi ditingkat RT, termasuk seksi perlindungan anak di tingkat RT. Hal ini sudah diterapkan di beberapa daerah di Indonesia, seperti Kota Tangerang, Banyuwangi, Bengkulu utara, Bekasi, Bitung di tingkat RT punya seksi perlindungan anak.

BACA JUGA:Teknisi DAM Raih Juara Terbaik AHM Technical Skill Contest 2023

BACA JUGA:Jabar Dapat Hibah 10 Juta Dolar AS dari Korea Selatan, Kabar dari Gubernur Ridwan Kamil, Untuk Proyek Apa?

"Mudah mudahan di Kota Cirebon di tingkat RT ada seksi perlindungan anak," kata Kak Seto. Kak Seto berharap DP3APPKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) Kota Cirebon bisa bersinergi mewujudkan RT yang memiliki seksi perlindungan anak. Tujuannya melindungi anak dari kekerasan Dilingkungan sekitarnya.

Sementara itu Kepala DP3APPKB, Suwarso Budi Winarno AP MSI mengapresiasi kehadiran ketua umum LPAI Prof DR Seto Mulyadi hadir di kota Cirebon. Hadirnya LPAI ini, kata Seto, Membantu usaha pemerintah memenuhi hak-hak anak, karena  bisa mencetak generasi bangsa dimasa kedepan.

Budi menegaskan, Pentingnya memperhatikan hak dan kewajiban anak anak kita agar bisa tumbuh secara optimal. "Kita mendorong keluarga di Indonesia sebagai lembaga pertama gang memenuhi hak hak anak, maka peran orang tua sangat penting dalam Memenuhi hak anak," ujarnya.

BACA JUGA:Bantu UMKM Jabar Naik Kelas, Herman Khaeron Bagikan 210 Gerobak Wirausaha

BACA JUGA:Pengembangan Pariwisata Tersandra di DPRD

Budi juga mengingatkan kepada  orang tua dituntut memperkaya pengetahuan pola asuh tentang anak, serta memberikan kenyamaan anak. Saat ini hak anak di Indonesia masih belum terpenuhi secara maksimal. Kama dari itu Program ini harus kita dorong agar anak Indonesia mendapatkan hak yang layak.

"Memberikan edukasi secara utuh ke masyarakat dengan sebaik baiknya, tapi tidak bisa pemerintah saja, tapi bersama sama melindungi anak melibatkan berbagai komponen masyarakat," pungkasnya.

BACA JUGA:Diduga 69 Anak Buah Sri Mulyani Lakukan Pencucian Uang, PPATK: Data Sudah Diserahkan ke Kemenkeu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: