PULANG KAMPUNG, Anies Baswedan Munggahan di Kuningan, Jalan Pagi Lalu Makan Sorabi

PULANG KAMPUNG, Anies Baswedan Munggahan di Kuningan, Jalan Pagi Lalu Makan Sorabi

Anies Baswedan melaksanakan tradisi munggahan saat pulang kampung ke Kuningan. -Agus Sugiarto-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Tokoh kelahiran KUNINGAN, Anies Baswedan pulang kampung dalam agenda bertajuk Munggahan, Sabtu-Minggu, 12, Maret 2023.

Munggahan merupakan tradisi masyarakat di Kabupaten Kuningan yang tinggal di perantauan, untuk pulang ke Kota Kuda sebelum Bulan Ramadhan.

Karenanya, agenda Anies Baswedan ke Kuningan kali ini, menggunakan tajuk munggahan. Sejak Sabtu, 11, Maret 2023, mantan Gubernur DKI Jakarta itu, sudah ada di tanah kelahirannya dan melakoni sejumlah agenda.

Salah satunya bertemu dengan warga di Masjid Agung Syairul Islam Kuningan. Nampak warga antusias hadir untuk bertemu dengan tokoh kelahiran kota kuda itu. 

BACA JUGA:Robi Darwis dan Slamet Riyadi Babak Belur Dihajar Warga Bojong Kuningan

Bahkan, Sabtu malam, Anies sempat berjalan-jalan di pasar malam yang berada di Alun-alun Kuningan. Sontak kehadirannya disambut warga yang sedang bermalam mingguan. 

Kemudian, Anies Baswedan juga bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat, keluarga besar dan relawan yang ada di Kabupaten Kuningan. 

Anies juga sempat jalan jalan di sekitar kediaman orang tuanya, di Lingkungan Cipicung, Kelurahan/Kecamatan Kuningan, Minggu pagi 12 Maret 2023.

Bahkan Anies tanpa sungkan sempat antre bersama warga membeli makanan khas Kuningan, Sorabi. 

BACA JUGA:Tentara Datangi Lapas Kelas I Cirebon, Ternyata Ajak Tanding Futsal

Warga sekitar yang melihat keberadaan sang calon presiden antre sorabi memanfaatkannya untuk meminta foto bersama. Praktis ajang berburu sorabi di pagi hari itu menjadi momen emas bagi warga untuk foto bersama dengan sang idola.

"Alhamdulillah akhirnya bisa foto dengan Pak Anies. Dari dulu pengen foto bareng, baru sekarang terlaksana," ujar seorang emak-emak yang menggendong anak kecil tak jauh dari pedagang sorabi.

Ketua panitia Munggahan Bareng Anies Baswedan, Ageng Sutrisno mengatan, makna Munggahan juga berarti persiapan diri untuk menyambut bulan suci Ramadan dengan perisiapan lahir dan batin.

Oleh karena itu, pihaknya ingin mengambil momentum ini sebagai salah satu titik tolak dimana kepulangan Anies Baswedan ke Kabupaten Kuningan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: